Minggu, 21 Desember 2014
FENGSHUI
Pintu, Kamar, dan Dapur Pengaruhi Keberuntungan
Penulis : Natalia Ririh | Rabu, 20 Juni 2012 | 11:33 WIB
|
Share:
Shutterstock
Kesalahan paling parah adalah jika letak pintu dan kamar salah, lalu letak dapur juga bermasalah, maka selamanya akan berdampak tidak baik bagi kehidupan penghuni.

Oleh: Mas Dian MRE

KOMPAS.com - Pengamatan ilmu fengshui di dalam rumah menitikberatkan pada tiga obyek, yakni pintu utama, kamar tidur, dan dapur. Ketiga obyek ini sangat berperan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup penghuninya asalkan penempatannya benar. Seberapa perlunya penataan letak pintu utama, kamar tidur dan dapur berdasar fengshui?

Sebenarnya, jawaban atas pertanyaan tersebut dapat diperhitungkan secara logis. Memang, dalam penataan ketiga obyek tersebut gampang-gampang susah, karena fungsi dan tempat ketiga obyek berbeda namun saling mempengaruhi.

Letak pintu utama

Meletakkan pintu utama secara benar bisa menarik hawa rejeki atau Qi yang berasal dari luas secara lebih optimal. Dampak positif lainnya adalah menciptakan atmosfer rumah jadi lebih nyaman, karena sirkulasi udara lebih lancar.

Letak kamar

Kamar yang tepat sangat berperan pada kualitas keharmonisan rumah tangga dan sektor kesehatan. Apabila letaknya benar dan posisi tidur penghuni benar, diyakini si penghuni akan mendapat suplai energi lebih. Sementara baik dan buruknya letak kamar dihitung berdasarkan gaya medan magnetik letak rumah. Arah baik untuk tidur dihitung berdasarkan elemen atau unsur kelahiran.

Letak dapur

Dapur berkaitan dengan nilai pintu dan kamar sebuah bangunan karena mengandung nilai keharmonisan, aliran rejeki yang masuk ke rumah dan sektor kesehatan. Lebih tepatnya, dapur adalah bagian yang bisa memperkuat atau memperlemah kualitas atmosfer keberuntungan yang telah terhimpun di dalam rumah.

Namun, walaupun pintu utama, kamar tidur, dan dapur memiliki peran masing-masing, bukan berarti ketiganya dipikirkan secara terpisah. Ketiganya harus memiliki posisi secara benar, sebab dampak positifnya nanti akan lebih optimal.

Perlu dicatat, jika letak pintu, kamar tidur, dan dapur sudah benar menurut fengshui, maka rejeki yang ada di dalam rumah bisa bertahan lama. Kalau letak pintu dan kamar sudah benar, tetapi dapur masih salah, maka hawa keberuntungan tidak akan bertahan lama karena mudah rusak oleh komposisi dapur yang bermasalah.

Kesalahan paling parah adalah jika letak pintu dan kamar salah, lalu letak dapur juga bermasalah, maka selamanya akan berdampak tidak baik bagi kehidupan penghuni. Kesalahan ini akan berdampak buruk pada rejeki yang sulit masuk, munculnya problema emosi dalam rumah tangga serta pengeluaran boros.

Penjabaran tersebut tidak bersifat mistis melainkan hasil penelitian masyarakat China kuno terhadap dampak hubungan antara rumah dengan manusia sebagai penghuninya. Kesalahan masyarakat saat ini dalam mengenal tata letak tidak bisa disalahkan sepenuhnya, karena memang senantiasa terbiasa dengan nilai modern dan kadang melupakan kebijaksanaan masa lalu.

(Penulis adalah konsultan dan pengamat fengshui)


Sumber :
Tabloid Rumah
Editor :
Latief