Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Langkah Menata Rumah Agar Laku Dijual

Kompas.com - 16/06/2012, 15:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Mungkin beberapa dari Anda sangat membutuhkan uang dari penjualan rumah yang telah ditawarkan selama lebih kurang dua bulan lamanya. Jika ternyata peminat tak kunjung banyak, coba cek dulu kondisi rumah Anda!

Kesan rumah yang menarik bagi pembeli cukup memberikan pengaruh pada proses selanjutnya, yakni jual beli. Karena itu rumah harus tampil apik agar pembeli pun merasa yakin. Mengutip Dailymail, berikut ini lima langkah mempersiapkan rumah agar laku dijual.


Tampak luar

Tampilan luar rumah merupakan pekerjaan rumah pertama. Kesan menarik dari pembeli yang selintas melewati lokasi rumah, akan berujung pada kuatnya ingatan. Untuk mengetahui apakah tampilan luar rumah Anda menarik perhatian, cobalah keluar dan bandingkan dengan rumah-rumah tetangga. Jika Anda merasa kurang puas dengan tampilan rumah, mungkin ini menjadi pertimbangan mengapa tak juga pembeli berminat dengan rumah Anda.

Meski demikian, tak perlu berkecil hati karena Anda masih bisa melakukan perbaikan. Misalnya dengan merapikan taman di depan rumah, memperbaiki pagar, atau melakukan pengecatan. Jika pekerjaan ini tampak melelahkan, Anda bisa menyewakan tukang harian yang bisa mengerjakan pekerjaan ini secara maksimal.

Kepribadian

Beberapa pembeli yang tertarik dengan rumah Anda, akan menyambangi bagian dalam serta mengecek kondisinya. Manfaatkan situasi ini dengan menampilkan kepribadian Anda dan seluruh penghuni rumah. Tunjukkan bahwa Anda dan seluruh keluarga mengalami masa-masa penuh kebahagiaan di rumah tersebut. Ini bisa membuat pembeli tertarik untuk merasakan hal serupa. Caranya, pasanglah foto-foto Anda bersama keluarga dalam setiap momen membahagiakan.

 

Jangan menumpuk barang

Bila Anda masih menyimpan barang-barang tertentu dan meletakkannya tertumpuk di suatu sudut rumah, maka sebaiknya barang ini perlu dipertimbangkan kembali. Anda bisa melakukan tiga hal, apakah barang tersebut dibuang, diberikan untuk acara sosial, atau memilah beberapa barang saja lalu disimpan. Tujuannya untuk menunjukkan kepada pembeli bahwa rumah Anda teroganisir dengan baik.

Selain itu, Anda juga perlu memberi pandangan bahwa rumah Anda cukup ruang untuk meletakkan furnitur. Juga memiliki sirkulasi udara baik, akses lalu lintas dalam ruang yang baik pula.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com