Kamis, 27 November 2014
DINDING
Cara Tepat Memasang Keramik Dinding
Penulis : M.Latief | Jumat, 8 Juni 2012 | 14:03 WIB
|
Share:
Shutterstock
Untuk memudahkan agar keramik terpasang dengan rata dan lurus, maka baiknmyha Anda menggunakan bantuan tali dan waterpass.

KOMPAS.com - Memasang keramik dinding sebenarnya sama halnya dengan memasang keramik untuk lantai. Hanya saja, karena bidang permukaannya tegak lurus, memasang keramik harus dimulai dari bagian bawah permukaan dinding.

Kenapa harus dimulai dari bawah? Hal ini bertujuan agar keramik paling bawah bisa merekat terlebih dulu dengan baik dan bisa menopang keramik di atasnya.

Namun, perlu diperhatikan juga, jika permukaan dinding belum dihaluskan (acian), Anda tidak perlu menghaluskannya. Sebaiknya, permukaan dinding cukup diplester saja dengan ketebalam 2 cm. Dinding harus diplester terlebih dulu agar menghemat pemakaian adukan bahan perekat.

Berikut langkah-langkah pemasangan keramik dinding:

- Bersihkan kotoran yang menempel di permukaan dinding.

- Siapkan adukan bahan perekat dengan bahan adesif atau bahan campuran semen dan pasir.

- Aplikasikan adukan bahan perekat di permukaan dinding atau di balik permukaan keramik. Ketebalan bahan perekat yang ditempel sekitar 3 cm.

- Pasang keramik di dinding, kemudian ketok keramik dengan palu karet agar permukaan keramik sama rata dengan permukaan keramik di dekatnya. Untuk memudahkan agar keramik terpasang dengan rata dan lurus, ada baiknya Anda menggunakan bantuan tali dan waterpass.

(Sumber: Serial Rumah "20 Desain Rumah Urban/PT Prima Infosarana Media)

 


Editor :
Latief