Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menindih Keramik Lama dengan yang Baru

Kompas.com - 08/06/2012, 12:03 WIB

KOMPAS.com - Proses kerja  untuk mengganti ulang lantai keramik sebetulnya tidak sulit, jika Anda benar-benar berniat mempertimbangkan hal ini secara matang. Anda hanya akan sedikit repot lantaran harus menggeser-geser perabot dan barang-barang lainnya di ruangan.

Secara teknis, penggantian keramik lantai dengan yang baru juga tidak harus membongkar ulang keramik lama. Saat ini, Anda bisa menggunakan sistem tile on tile, yaitu keramik lama tinggal ditumpangi keramik baru dengan perekat adesif.

Untuk menggunakan sistem itu, fondasi bangunan harus cukup kuat dan ketinggian ruangan masih mencukupi, sekurang-kurangnya 2,4 meter. Hal ini karena penggantian keramik tanpa membongkar keramik lama akan memperpendek jarak lantai dan langit-langit sekitar 4-5 cm.

Kerepotan lainnya adalah keharusan memotong atau memangkas daun-daun pintu akibat berubahnya ketinggian lantai.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Kerepotan itu akan terbayar lunas, karena perubahan desain lantai bisa membawa kepuasan tersendiri bagi pemiliknya, sekaligus menghadirkan suasana baru pada seluruh rumah.

Soal makna kepuasan, setiap orang tentu punya pandangan berbeda-beda. Karena terkadang, orang lebih suka mendandani rumah lama yang sudah dibangun puluhan tahun lalu, sehingga rumah tersebut dianggap punya kisah atau sejarah tersendiri. Alhasil, sebuah kepuasan bisa mendandani rumah lamanya ketimbang membongkar dan membangunnya sebagai rumah baru. 

Nah, bagaimana dengan Anda?

(Sumber: Serial Rumah "20 Desain Rumah Urban/PT Prima Infosarana Media)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com