Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecuali KA Ekonomi, Tiket H-4 dan H-3 Habis

Kompas.com - 06/06/2012, 15:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tiket kereta api untuk pemberangkatan H-4 dan H-3 Lebaran atau 16 dan 17 Agustus 2012 ludes terjual. Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi I Mateta Rizalulhaq mengatakan, tiket yang habis untuk semua jurusan di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Mateta mengatakan, tiket yang habis hanya kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi AC. Adapun tiket kereta kelas ekonomi masih tersedia. "Tiket eksekutif sudah bisa dipesan 90 hari sebelum keberangkatan dan kelas ekonomi H-7 sebelum keberangkatan," kata Mateta di Jakarta.

Ia menambahkan, warga yang tidak kebagian tiket perjalanan pada tanggal tersebut tidak perlu khawatir. PT KAI sudah menyiapkan perjalanan kereta tambahan. Namun, Mateta belum bisa memastikan kapan penjualan tiket tambahan dibuka. "Tahun lalu penambahannya 11 perjalanan," ujarnya.

Pada mudik Lebaran tahun ini, PT KAI hanya menjual tiket kereta sesuai dengan jumlah tempat duduk. Semua penumpang yang naik dipastikan mendapat nomor tempat duduk dan duduk sesuai dengan nomornya masing-masing. Tidak ada tiket berdiri. "Jadi, penumpang kereta ekonomi tidak lagi berjubel atau duduk di bawah," ujarnya.

Sementara itu, Senior Manager Security PT KAI Akhmad Sujadi mengatakan, hingga dua bulan terakhir, petugas PT KAI menemukan calo tiket kereta di sejumlah stasiun. Dari calo tersebut, petugas menyita 400 tiket dari Jakarta menuju sejumlah daerah di Jawa. Ini menunjukkan bahwa praktik percaloan masih bergentayangan.

Ia menduga calo-calo tersebut membeli tiket di sejumlah minimarket untuk selanjutnya dijajakan di pintu stasiun. Dugaan itu terbukti setelah sejumlah calo tertangkap di beberapa stasiun. Para calo nekat menjajakan tiket karena tergiur keuntungan yang cukup besar. "Jadi, keuntungan calo itu cukup besar. Satu tiket perjalanan, mereka bisa untung minimal Rp 100.000," ujar Sujadi.

Untuk memberantas calo tersebut, PT KAI akan meningkatkan pengamanan di sejumlah stasiun yang terindikasi sebagai tempat berkeliaran para calo. Sejauh ini, stasiun yang rawan calo adalah Stasiun Kota, Tanah Abang, dan Senen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com