Selasa, 25 November 2014
Menata Ruang Tamu Mungil ala Apartemen
Penulis : Natalia Ririh | Minggu, 3 Juni 2012 | 17:41 WIB
|
Share:
Roderick Adrian Mozes/Kompas.com
Sofa Sudut Untuk Ruang Tamu Mungil. Properti: Apartemen Contoh 1Park Residences

KOMPAS.com — Ruang tamu di apartemen cenderung mungil karena lahannya sempit. Bahkan, karena  keterbatasan ruangan, maka di area ini menjadi gabungan beberapa fungsi ruang lainnya seperti ruang keluarga atau ruang kerja.

Kondisi serba terbatas ini bisa juga dialami oleh rumah-rumah bertipe kecil seperti ukuran 36 atau 45 meter persegi. Ruang tamu yang tersedia umumnya berkisar sekitar 9 meter persegi. Agar ruangan tetap berfungsi maksimal meskipun kondisinya terbatas, Anda dapat menyiasati lewat penataan dan pemilihan furnitur nan tepat.

Penataan interior di dalam ruang tamu mungil dibuat ringan dan fleksibel, terlebih bila ruangan tersebut kadang berubah-ubah fungsinya. Sementara untuk pemilihan furniturnya, pilih furnitur multifungsi agar bisa dimaksimalkan. Selain itu, jangan lupa untuk menempatkan storage atau tempat penyimpanan di ruang tamu mungil Anda. Gunanya, agar ruangan tampil rapi dan ringkas.

Sebelum membeli furnitur untuk mengisi ruang tamu Anda, ingatlah berapa luasnya sehingga ukurannya tepat. Pemilihan sofa bila terlalu besar maka dapat diganti dengan sofa bed dua atau tiga dudukan. Pada saat-saat tertentu, sofa bed ini dapat dipanjangkan menjadi kasur cadangan. Tambahkan dua kursi tunggal atau bangku kecil ottoman sebagai tambahan pemanis ruang tamu.

Sebagai tempat penyimpanan sekaligus pengisi ruangan, Anda dapat memilih coffee table yang memiliki rak pada bagian bawahnya. Anda juga bisa mengemas satu lemari besar menempel di dinding, berisi televisi serta peralatan elektronik lainnya. Kalau Anda senang memakai wallpaper, pilihlah yang bermotif ringan dan berwarna lembut dengan motif garis tipis atau kotak tipis. Tujuan pemakaian motif ini adalah untuk membantu mengistirahatkan pandangan mata.

Setelah penataan interior sesuai kebutuhan dan keinginan Anda, jangan lupa untuk menambahkan cermin sebagai akses ruangan. Cermin yang lebar bisa ditempatkan pada satu dinding tertentu sehingga memberi kesan ruang tamu Anda lebih luas.

Meski mungil, tak ada salahnya bila Anda menceriakan ruangan dengan menambah pernak-pernik atau aksesori. Upholstery juga bantal-bantal hias boleh Anda tambahkan pada sofa, taplak bergaya etnik berikut koleksi patung-patung bisa Anda tata di atas coffee table. Atau, bila Anda suka, kemaslah rangkaian bunga segar dengan warna-warna cerah, lalu tempatkan di atas meja.


Editor :
Hertanto Soebijoto