Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memaksimalkan Cahaya dengan "Skylight"

Kompas.com - 01/06/2012, 14:04 WIB

KOMPAS.com - Penggunaan skylight tak hanya memberi sentuhan berbeda pada atap, tapi juga bisa mengurangi penggunaan listrik dan membuat ruang jadi tidak lembap. Rumah tidak harus selalu mendapat pencahayaan dari jendela, karena Anda juga bisa memasukan cahaya dari atap rumah.

Fungsi skylight agak mirip dengan jendela. Hanya, skylight terletak pada atap. Selain mengurangi pemakaian listrik pada siang hari, penggunaan skylight juga dapat mengoptimalkan cahaya pada ruang dan mempercantik rumah.

Skylight adalah teknologi atap transparan. Atap transparan ini terbuat dari berbagai macam bahan, mulai plastik, kaca, sampai fiber. Kita dapat menyesuaikan bahannya sesuai desain rumah kita.

Namun, hal penting perlu Anda perhatikan adalah pemasangannya. Pemasangan skylight harus mengikuti arah sinar matahari. Penempatan skylight miring menghadap selatan akan membuat ruang menjadi hangat. Sementara pemasangan menghadap utara akan menghasilkan cahaya matahari yang lembut sepanjang hari.

Dengan memadainya asupan cahaya matahari, ruangan dalam rumah akan terhindar dari lembab, terutama pada area kamar mandi. Pada malam hari, Anda juga dapat memandang bintang tanpa terhalang atap masif. (Richardus Setia Gunawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com