Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambungan Papan Gipsum Berbayang? Ini Antisipasinya!

Kompas.com - 30/05/2012, 16:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Material papan gipsum makin diminati oleh masyarakat sebagai pengganti tripleks maupun papan semen. Penggunaan papan gipsum plafon ataupun partisi akan menghasilkan finishing yang halus dan rata tanpa perlu khawatir adanya retak rambut atau retak memanjang.

Namun, kadangkala konsumen mengeluhkan adanya bayangan sambungan ketika permukaannya ditimpa oleh cahaya lampu ataupun cahaya matahari. Bayangan tersebut menimbulkan kesan sambungannya tidak rata.

"Padahal, kalau dicek dan diukur, sambungan tersebut sudah rata dan benar," kata Sri Mulyorini, PM Compound PT Petrojaya Boral Plasterboard ketika ditemui Kompas.com di Jakarta, Rabu (16/5/2012) lalu.

Bayangan pada sambungan papan gipsum ini, kata Rini, terjadi karena adanya perbedaan tekstur antara kompon dan papan gipsum. Tekstur permukaan papan gipsum tidak "selicin" permukaan kompon. Ditambah lagi dengan metode pengomponan yang tidak sesuai rekomendasi, sehingga menimbulkan efek sambungan tidak rata ketika permukaan tersebut ditimpa sorotan sinar dari samping (glancing light).

Sorotan sinar tersebut bisa berasal dari pencahayaan alami (natural light) maupun pencahayaan buatan (artificial light). Keadaan akan semakin parah apabila cat yang dipakai menggunakan cat jenis semi gloss atau gloss.

"Dari sisi estetika, pencahayaan yang menimbulkan critical lighting ini membuat tampilan finishing kurang sempurna, keadaan ini sering disebut dengan istilah efek glancing light," ujarnya.

Terkait hal tersebut, Technical Manager PT Petrojaya Boral Plasterboard, Indra Budi Wibowo, memberikan beberapa tips untuk mengantisipasi efek glancing light tersebut. Menurutnya, ada  3 faktor utama yang benar-benar harus diperhatikan sebelum melakukan pemasangan dan pengomponan papan gipsum, yaitu :

1. Ketahui finishing yang akan digunakan, tekstur atau cat

Untuk finishing tekstur, konsumen tidak perlu terlalu khawatir karena sambungan akan tertutupi dengan tekstur, sehingga efek glancing light akan lebih "tersamarkan".

2. Ketahui finishing menggunakan cat

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com