Sabtu, 25 Oktober 2014
KPU DKI Tetapkan DPT Tanggal 2 Juni
Penulis : Riana Afifah | Senin, 28 Mei 2012 | 16:46 WIB
|
Share:
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Petugas Kelurahan Kebon Kacang, Jakarta Pusat, melihat Daftar Pemilih Tetap (DPT) di wilayah kelurahan tersebut, Senin (21/5/2012). Berdasar pleno tingkat kelurahan, sebanyak 18.614 warga dari 42 TPS di Kelurahan Kebon Kacang disahkan untuk mengikuti Pilgub DKI Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta akhirnya menentukan tanggal penetapan daftar pemilih tetap pada tanggal 2 Juni. Awalnya, penetapan DPT ini akan dilakukan pada 26 Mei, tetapi ditunda hingga pekan depan, yang semestinya jatuh pada tanggal 1 Juni.

Ketua KPU DKI Jakarta Dahliah Umar mengatakan, perubahan jadwal ini mengikuti masukan dari banyak pihak mengenai perbaikan daftar pemilih yang kacau balau. Usulan tersebut, antara lain,  berasal dari unsur masyarakat, Komisi II DPR, Komisi A DPRD DKI Jakarta, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta, dan tim pasangan calon.

"Kami sudah sepakat untuk memundurkan waktu penetapan. Waktu perbaikan sendiri sekitar tiga sampai tujuh hari," kata Dahliah dalam jumpa pers di Kantor KPU DKI Jakarta, Jalan Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat, Senin (28/5/2012).

Keputusan penundaan waktu penetapan DPT ini tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 22 Tahun 2012 tentang Perubahan atas Keputusan KPU DKI Jakarta Nomor 02/Kpts/KPU-Prov-010/2011 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012.

Penundaan ini juga karena pihaknya harus melakukan verifikasi ulang mengenai daftar pemilih yang diduga ganda atau bahkan yang tercantum tanpa nomor identitas kependudukan dalam daftar pemilih sementara (DPS). Ia juga menegaskan, penundaan penetapan DPT ini tidak akan berpengaruh terhadap tahapan-tahapan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 yang telah ditetapkan.

"Tidak akan ada yang berubah. Yang berubah hanya rekap DPT dan pendataan jumlah TPS saja," ujarnya menegaskan.


Editor :
Asep Candra