Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Menata Kamar Batita!

Kompas.com - 25/05/2012, 20:27 WIB

KOMPAS.com - Tidur merupakan hal esensial bagi semua individu, termasuk pada usia anak-anak. Terlebih untuk anak bawah tiga tahun (batita), yang membutuhkan tidur lebih lama untuk menunjang pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatannya.

Agar rutinitas tidur si kecil tidak terganggu, dia perlu mendapatkan privasi yang baik, seperti suasana kamar tidur nyaman. Sebagai orangtua, Anda dapat mengajarkan kemandirian dan adaptasi dengan memberikan kamar tidur sendiri untuk anak. Berikut ini beberapa tips praktis menata kamar si kecil:

Persiapan

Awali persiapan kamar dengan menyertakan anak. Mereka dapat terlibat memilih ranjangnya sendiri, beberapa mainan favorit, dan warna di kamar. Untuk memilih ranjang, ajaklah si kecil mencari jenis yang berkaki ranjang pendek sehingga jarak antara lantai dan ranjang dekat.

Perlengkapan tidur

Setelah mendapat ranjang, belilah beberapa bantal untuk melengkapinya. Perlengkapan tidur tersebut akan amat membantu ketika si buah hati tidur. Selain menunjang tidur yang lelap, bantal-bantal dapat diletakkan di pinggir dan bawah ranjang untuk mencegah anak terjatuh dan terluka. Bila perlu, Anda dapat membeli pagar ranjang (bed rail) untuk dipasang di tempat tidur anak. Hal ini untuk mencegahnya terbentur tembok atau terjatuh saat tidur.

Memilih warna

Setelah urusan ranjang beres, saatnya memilih warna. Anak batita biasanya cenderung tertarik pada warna-warna cerah dan meriah, misalnya biru, merah, kuning, dan hijau. Jadikan warna pilihan anak tersebut sebagai warna yang mendominasi kamar. Tak hanya warna untuk cat dinding, tetapi juga untuk diaplikasikan pada gorden dan seprei.

Perabot kamar

Untuk memilih perabot pendukung, Anda dapat tempatkan lemari pakaian, lemari atau boks mainan, dan meja kecil plus kursi di sudut kamar. Perabot berwarna cerah atau bergambar tokoh animasi favorit dapat menjadi pilihan menarik. Bila masih ada area dinding yang polos, Anda dapat menambahkan cutting sticker atau wallpaper bergambar hewan atau kartun-kartun lucu untuk menyemarakkan kamar.

Jangan lupa menyisakan area cukup luas di kamar tidurnya. Cara ini berguna agar si kecil leluasa bergerak dan berikan karpet untuk menjaganya dari benturan keras dengan lantai saat belajar berjalan.

Cahaya kamar

Pencahayaan turut menjadi elemen penting. Pilihlah lampu dengan sinar tidak menyilaukan. Akan lebih menarik lagi, bila Anda mencari lampu dilengkapi rumah lampu dekoratif yang lucu dan impresif untuk anak. Dengan mencoba cara-cara praktis ini, anak batita Anda diharapkan merasa lebih nyaman tidur dan bermain di kamarnya. (AJG)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com