Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih "Built in" atau Siap Pakai? Catat Plus-Minusnya!

Kompas.com - 04/05/2012, 12:46 WIB

KOMPAS.com - Tak lengkap rasanya jika sebuah ruangan tampil kosong tanpa furnitur dan akseseoris yang membuatnya menarik. Furnitur seolah kebutuhan wajib untuk membuat sebuah ruangan menjadi lebih "bernyawa".

Kini memang semakin banyak pilihan furnitur untuk membuat ruangan jadi lebih hidup. Anda menginginkan furnitur built in atau furnitur siap pakai?

Kedua jenis furnitur tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Kini, tinggal bagaimana kebutuhan ruangan yang Anda inginkan. Simak pembagiannya:

Furnitur built in

Furnitur built in atau custome made adalah perabot yang dirancang dan dibuat sesuai ukuran serta kebutuhan pemakainya. Istilah built-in sering diartikan "perabot tanam".

Furnitur jenis ini banyak dicari karena dua alasan. Pertama, furnitur mampu menjawab kebutuhan ruang yang memiliki ceruk di ruangan. Kedua, bila si pemilik rumah menginginkan model furnitur unik dan tidak pasaran.

Jika tertarik memiliki furniture built-in, Anda harus merancang desainnya terlebih dahulu. Desain perabot tanam umumnya simpel dan praktis, serta diperkaya dengan permainan warna dan bahan. Materi yang kerap dipakai adalah kayu solid, dan juga memungkinkan penggunaan bahan lain seperti kaca, aluminium dan stainless steel.

Sekilas, walaupun tampaknya merepotkan, sebenarnya hal ini adalah langkah praktis Anda untuk memaksimalkan ruang, terutama untuk hunian mungil. Hal ini karena furnitur built in dibuat secara customized, sehingga dapat memanfaatkan setiap ukuran dari sebuah ruangan.

Tidak hanya memaksimalkan ruang, lewat perabot tanam, ruang akan terlihat lebih rapi. Dengan adanya celah pada dinding atau ruang, memungkinkan untuk menjadi area yang tak terjamah untuk dibersihkan, sehingga debu di rumah Anda dapat menumpuk.

Keuntungan lain desain furnitur built in adalah dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Misalnya, untuk area dapur, kitchen set dapat dibuat sesuai dengan area ruangannya, dan dapat didesain pas dengan ukuran lemari es.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com