Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Lokasi, Perhatikan Ketujuh Pertimbangan ini!

Kompas.com - 04/05/2012, 12:24 WIB

KOMPAS.com - Investasi properti selalu menekankan pada faktor lokasi, lokasi, dan lokasi. Penekanan berulang-ulang ini menandakan keberadaan lokasi sebelum memutuskan membeli properti sangat penting.

Alasannya, tentu saja, dengan lokasi strategis Anda akan mendapatkan keuntungan berlipat-lipat. Meskipun demikian, pertimbangan berinvestasi di bidang properti tak hanya masalah lokasi saja. Ada banyak faktor lain tidak kalah pentingnya.

Hermawan Wijaya dalam bukunya '77 Rahasia Cepat Untung Bisnis Properti' terbitan Pustaka Grhatama memaparkan tujuh pertimbangan lain tersebut. Simak berikut ini:

Memperhitungan nilai properti

Misalnya untuk investasi rumah, semakin banyak fungsinya, maka harganya akan semakin tinggi. Memperhitungkan nilai properti yang berujung pada harga jual rumah sudah menghitung berapa nilai dan manfaat yang akan diperoleh pembeli.

Mempertimbangkan fasilitas umum

Dalam menentukan tempat tinggal, baik itu rumah atau apartemen, pembeli kerap menjadikan aspek akses jalan dan fasilitas umum sebagai pertimbangan. Mereka akan merasa senang dan jatuh hati pada rumah atau apartemen yang dekat pusat perbelanjaan, bank, sekolah, tempat ibadah, dan sarana rekreasi. Bila Anda menemukan rumah atau apartemen dengan fasilitas umum seperti ini, maka jangan segan untuk membelinya. Properti di kawasan seperti ini cenderung naik harganya dari waktu ke waktu.

Menilai aspek perpajakan

Pertimbangkanlah aspek perpajakan untuk mengetahui besarnya pengeluaran tambahan Anda pada saat membeli. Karena transaksi tanah atau bangunan merupakan obyek pajak. Sebagai pemilik tanah dan bangunan, maka Anda akan dikenai Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Melihat RTRW

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com