Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Langkah Mengolah Kamar Tidur

Kompas.com - 04/05/2012, 12:04 WIB

KOMPAS.com - Untuk mendapatkan kenyamanan berlipat-lipat di kamar tidur, Anda harus mengetahui cara pengolahan yang tepat. Pengolahan bisa dimulai dari pengaturan furnitur, jenis ranjang tempat tidur, letak tempat tidur, serta pemilihan warnanya. Simak keempat langkahnya berikut ini: 

Mengatur pencahayaan

Maksimalkan penggunaan inderect lamp atau lampu tidak langsung dengan sorotan ke arah bawah. Cahaya dari lampu seperti ini tidak akan menyilaukan mata.

Pilih warna cahaya lampu kekuningan agar suasana kamar bisa bertambah hangat. Untuk mengatur terang gelapnya lampu, Anda bisa memanfaatkan dimmer.

Memilih ranjang

Sebelum membeli ranjang, ukur luas kamar tidur Anda terlebih dahulu. Kemudian, pilihlah ranjang yang disesuaikan dengan jumlah penggunanya. Apabila keduanya telah Anda dapatkan, jangan lupa menyediakan ruang sirkulasi di tempat tidur agar jangan sampai seluruh kamar hanya didominasi ukuran ranjang saja.

Letak tempat tidur

Setelah memilih ranjang, perhatikan letak dan jarak ranjang dengan dinding atau pintu masuk. Hindari meletakkan tempat tidur di depan pintu masuk, karena hal ini bisa mengganggu sirkulasi.

Jangan menempatkan head board di bawah jendela, karena debu atau kotoran mudah masuk lewat jendela. Untuk ranjang berukuran double, ada baiknya Anda tidak menempatkan ranjang tersebut menempel pada dinding. Berilah jarak minimal 30 - 40 sentimeter untuk memberi ruang saat Anda hendak merapikan ranjang.

Pemilihan warna

Agar kualitas tidur lebih tenang dan nyaman, sebaiknya Anda menghindari penggunaan warna mencolok atau terlalu terang. Karena, warna terang malah membangkitkan energi dan semangat, sementara kondisi hendak tidur butuh ketenangan. Sebaiknya, Anda menggunakan warna-warna netral atau warna gelap agar Anda bisa nyaman untuk beristirahat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com