Jumat, 31 Oktober 2014
Ini Beda Pasang Wallpaper di Dinding Lama dan Baru
Penulis : Natalia Ririh | Selasa, 24 April 2012 | 14:36 WIB
|
Share:
shutterstock

KOMPAS.com – Memasang wallpaper pada dinding hunian mungkin terkesan mudah. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda harus memperhatikan jenis dindingnya.

Seperti memasang wallpaper untuk dinding lama tentu berbeda dengan dinding yang baru. Dinding baru merupakan media paling mudah untuk dipasangi wallpaper karena kondisinya masih baik dan siap dilapisi. Anda tinggal memasang wallpaper yang sebelumnya sudah dilapisi dengan perekat sesuai jenis wallpapernya. Karena terdapat perekat yang berbeda-beda.

Kemudian, bentangkanlah wallpaper sesuai permukaan bidang yang ingin dilapisi. Pastikan wallpaper itu merekat dengan baik. Sebagai bantuan, Anda dapat menggunakan rol cat untuk menggosok wallpaper supaya melekat sempurna.

Sementara, untuk dinding yang lama perlu usaha ekstra sebelum memasang wallpaper. Pastikan dulu permukaan dinding lama tidak berlubang, retak permukaannya, cat terkelupas, atau lembab karena jamur. Jika salah satu masalah ini tengah terjadi, maka harus dituntaskan terlebih dahulu sampai permukaan dinding rata. Setelah permukaan dinding rata, maka dinding lama siap dipasangi wallpaper.

Bidang lainnya selain dinding yang bisa dipasangi wallpaper antara lain dinding berbahan triplek dan gipsum. Pada dinding dari triplek dan gipsum, metode pemasangannya sama pada pemasangan wallpaper di dinding biasa. Pastikan saja permukaan triplek atau gipsum rata. Bila ada serabut kayu pada permukaan dapat dibersihkan sehingga rata. Selanjutnya, lap permukaan triplek dan gipsum dengan kain basah agar permukaan lembab. Kemudian beri lem perekat dan tempelkan wallpaper.



Sumber: Seri Rumah Ide Wallpaper & Cutting Sticker, Imelda Akmal Architectural Writer Studio, Gramedia Pustaka Utama


Editor :
Kistyarini