Sabtu, 25 Oktober 2014
BELI RUMAH
Ingat...Jangan Remehkan "Show Unit"!
Penulis : Natalia Ririh | Senin, 23 April 2012 | 11:20 WIB
|
Share:
RODERICK ADRIAN MOZES/KOMPAS.com
Kamar anak di rumah contoh Kebayoran Village, Bintaro Jaya.

KOMPAS.com - Ada baiknya Anda tidak lupa menanyakan kepada pengembang atau developer tentang keberadaan rumah contoh atau show unit dari proyeknya ketika tengah melakukan survei perumahan. Meski berwujud contoh, keberadaannya akan memberikan gambaran rumah yang nantinya akan dibangun pengembang.

Tentunya, bila pengembang atau developer tidak melengkapi proyeknya dengan rumah contoh, Anda jangan langsung mempercayai paparan mereka berdasarkan gambar atau miniatur saja. Adanya rumah contoh merupakan salah satu bukti usaha pengembang untuk memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.

Lewat rumah contoh, Anda sebagai konsumen bisa mengamati luasan bangunan, jumlah ruang di dalamnya, jumlah kamar dan apa saja peruntukkannya. Anda juga bisa menanyakan langsung kepada pengembang mengenai spesifikasi material, ketinggian plafon, juga material lantai.

Selain itu, konsumen bisa membayangkan akan mengembangkan tanah sisa di halaman depan atau belakang. Bahkan, dengan hadirnya rumah contoh bisa menguntungkan pengembang jika ada konsumen yang tertarik mendesain rumahnya serupa contohnya.

Selain rumah contoh, penting artinya bagi konsumen untuk mengetahui tema dan masterplan proyek perumahan. Keduanya merupakan identitas utama dari sebuah proyek perumahan. Lewat masterplan inilah akan diketahui pembangunan apa saja di seputaran perumahan. Misalnya, bila temanya adalah kota hijau dengan banyak taman, maka di lokasi tersebut tidak akan dibangun kawasan industri. Lewat tema kota hijau, konsumen diberikan jaminan lingkungan tempat tinggalnya tenang dan nyaman.

Sumber :
Berbagai Sumber

Editor :
Latief