Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cahaya dan "Mood" Anda

Kompas.com - 17/04/2012, 14:44 WIB

KOMPAS.com - Mungkin, secara tak sadar Anda pernah merasakan suatu sensasi tertentu ketika berada dalam satu ruangan. Coba perhatikan perbedaan "rasa" jika Anda berada di ruang kerja dan ruang tidur.

Suasana, khususnya penerangan, di ruang kerja akan membuat Anda bersemangat. Sebaliknya, di ruang tidur Anda akan merasa rileks.

Penerangan dalam ruangan bisa secara alami ataupun buatan. Alami berarti memanfaatkan fungsi jendela, sedangkan buatan berarti memanfaatkan penataan cahaya dari lampu. Penerangan yang tepat dapat membantu memaksimalkan fungsi ruangan. Sebaliknya, penerangan yang salah bisa-bisa mengacaukan mood Anda.

Ada banyak cara dapat Anda lakukan untuk menciptakan kesan dan suasana pada suatu ruangan. Bisa saja Anda menata ulang interior ruangan tersebut, tetapi tentu saja akan membutuhkan tenaga dan biaya cukup mahal. Nah, penataan cahaya adalah cara yang lebih praktis sekaligus ekonomis.

Pemilihan lampu yang tepat dan penataan cahaya dengan sesuai dapat membuat ruangan tidak saja nyaman di hati, tetapi juga nyaman di mata. Untuk itu, Anda perlu mengenal jenis-jenis lampu yang biasa digunakan dalam rumah tangga.

Umumnya, ada dua jenis kerap dipergunakan, yaitu jenis tube lamp atau sering disebut neon, yang memancarkan cahaya putih yang terang dan bersih. Jenis berikutnya ialah lampu pijar, yang memiliki beragam pilihan warna. Lampu jenis ini dapat digunakan untuk memberikan aksen tertentu pada suatu ruangan.

Namun, jangan terpaku pada lampunya saja, tetapi lihat dan ketahui juga fungsi dan kebutuhan penerangan suatu ruangan sehingga Anda tidak salah menempatkan lampu. Contohnya, penerangan di ruang tamu, sebaiknya memberi kesan lebih bersahabat dan nyaman.

Gunakan lampu dengan sinar yang terang namun lembut. Begitu pula pada ruang keluarga, sebaiknya disesuaikan dengan kegiatan yang biasa dilakukan di ruang ini.

Letakkan lampu tambahan di tempat khusus, misalnya tempat untuk membaca atau menjahit. Penerangan pada ruang makan dianjurkan yang dapat menghadirkan suasana hangat dan menggugah selera. Cahaya agak redup dengan warna pastel akan menimbulkan suasana romantis. Dapur memerlukan cahaya yang terang di seluruh bagiannya. Penerangan yang cukup akan membantu aktivitas memasak menjadi lebih nyaman. (ACA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com