Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Penyekat Ruangan dengan Gipsum

Kompas.com - 12/04/2012, 11:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan dunia arsitektur dan desain interior membawa dampak positif bagi kemajuan penggunaan material alternatif seperti gipsum. Material yang identik untuk plafon ini bisa diaplikasikan sebagai dinding, juga penyekat.

"Beberapa tahun belakangan memang sudah berkembang dalam pengaplikasian gipsum tak hanya untuk plafon. Sekarang ini gipsum bisa menjadi media pembatas ruangan seperti penyekat," kata arsitek Her Pramtama dari US&P Architects kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (11/4/2012).

Sebagai media pembatas, lanjut Pramtama, gipsum bahkan bisa digunakan untuk meringankan struktur.

"Kalau dilihat saat ini beberapa apartemen menggunakan gipsum antarkamar di satu unit. Dipilihlah bahannya GRC yang lebih kuat terhadap air," katanya.

Pemakaian gipsum, kata Pramtama, banyak diterapkan dalam hunian karena dilihat dari sisi harga jauh lebih murah daripada penggunaan triplek. Orang juga tertarik menerapkan gipsum karena sifatnya fleksibel untuk mendukung elemen estetika dalam ruangan.

"Selain terlihat lebih rapi, misalnya mau dibentuk miring atau lainnya untuk menambah aksen bisa dengan gipsum," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com