Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prospek Hotel "Budget" dan Kondotel Makin Cerah

Kompas.com - 11/04/2012, 11:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis hotel dan kondominium hotel (kondotel) akan meningkat hingga akhir tahun 2012 menyusul stabilnya kondisi perekonomian Indonesia.

"Saat ini, sejumlah pengembang raksasa mulai membidik segmen hotel budget (bertarif murah), seperti Ciputra dan Intiland," kata pengamat properti dari Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda, di Jakarta, Selasa (10/4/2012).

Menurut dia, investor terus membangun kondotel dan hotel budget karena break event point (BEP) dari hotel jenis ini terbilang lebih cepat, yakni berkisar 5-6 tahun.

"Untuk bisnis hotel, BEP-nya sangat menarik bagi investor. Untuk proses pembangunan hotel, terutama hotel bintang empat dan lima dengan kapasitas kamar 150-200 kamar, bisa memakan waktu satu hingga dua tahun," ujarnya.

Lebih lanjut, Ali berpendapat, untuk kondotel para pengembang mulai banyak mengincar kawasan di luar daerah. Di Bali, misalnya.

"Kondotel mulai gencar di Bali sejak tahun lalu dan investasi tersebut memiliki potensi yang tinggi. Pasar kondotel akan meningkat sejalan dengan pertumbuhan bisnis dan ekonomi di Indonesia," paparnya.

Ali menambahkan, bisnis hotel budget dan kondotel memiliki prospek bagus untuk dikembangkan. Pasalnya, masyarakat kelas menengah merupakan pasar yang potensial dan semakin meningkat populasinya seiring pertumbuhan ekonomi nasional yang positif.

"Mulai awal tahun, pengembang banyak mengalihkan konsumennya di kelas menengah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com