Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Sewa Perkantoran "Grade A" Naik

Kompas.com - 09/04/2012, 16:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan harga sewa dan hak milik perkantoran di wilayah DKI Jakarta disebabkan oleh kurangnya suplai kawasan perkantoran. Di sisi lain permintaan perkantoran terus meningkat setiap tahun.

"Suplai untuk office space (kawasan perkantoran) tahun 2012 ini terbatas, padahal terdapat banyak perusahaan yang berekspansi dengan mencari tempat untuk kantor baru," kata Director Office Services Colliers International, Bagus Adikusumo, di acara paparan perkembangan sektor properti kuartal I 2012 oleh perusahaan konsultan properti Colliers International di Jakarta, Senin (9/4/2012).

Bagus mengatakan, terbatasnya suplai kawasan perkantoran dapat dilihat dari hanya dua bangunan perkantoran baru yang rencananya akan diselesaikan selama kuartal I 2012, yaitu Multivision Tower di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, dan Menara Satu di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Timur. Padahal, lanjut dia, banyak perusahaan yang saat ini sedang melakukan ekspansi sehingga membutuhkan area perkantoran baru, antara lain perusahaan-perusahaan di bidang asuransi, finansial, pertambangan, dan perkebunan. Perusahaan-perusahaan tersebut mencari tempat di gedung perkantoran yang memiliki kualitas baik atau perkantoran berstatus grade A.

"Sedangkan area perkantoran untuk grade A atau premium suplainya juga terbatas," kata Bagus.

Ia memaparkan, kenaikan harga sewa di perkantoran yang termasuk grade A di sejumlah gedung tertentu di Jakarta dapat mencapai hingga sekitar 30% - 50% bila dibandingkan tahun lalu. Kenaikan harga pada gedung perkantoran grade A juga akan diikuti oleh gedung perkantoran grade B dan grade C yang telah melakukan market assesment (penilaian pasar).

"Saya memperkirakan, kenaikan harga ini akan terus terjadi hingga tahun 2014, yang diharapkan harga untuk sewa perkantoran akan mulai stabil," kata Bagus.

Sementara itu, Associate Director Research Colliers International, Ferry Salanto mengatakan, secara keseluruhan, total area perkantoran di Jakarta mencapai 6,27 juta meter persegi dengan 70 persen terletak di area CBD. Ia juga mengungkapkan, suplai perkantoran tumbuh hanya 3% setiap tahun selama sepuluh tahun terakhir. Namun, angka tersebut diperkirakan akan tumbuh hingga mencapai 8,7% setiap tahun pada periode 2012-2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com