Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpera Jangan Hanya Bangun Rumah untuk PNS

Kompas.com - 29/03/2012, 20:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz diminta tidak hanya membangun rumah untuk pegawai negeri sipil (PNS). Pasalnya, masyarakat non-PNS masih banyak yang belum memiliki rumah.

"Menpera mengatakan akan membangun 250.000 rumah untuk PNS, dan 250.000 rumah untuk non-PNS. PNS itu sedikit, sementara non-PNS itu banyak, alokasinya harusnya satu berbanding sepuluh," kata Faisal Basri, ekonom yang juga calon Gubernur DKI Jakarta dari jalur independen di Jakarta, Rabu (28/3/2012).

Lagipula, lanjut dia, PNS sudah memiliki skema tersendiri serta potongan gaji untuk tabungan perumahan.

"Saya ini PNS, ada potongannya untuk perumahan. Rumah untuk PNS dari pemerintah tidak pakai tender," ujarnya.

Pada kesempatan sama, sebelumnya Menpera Djan Faridz mengatakan tahun ini pihaknya merencanakan membangun 500.000 unit rumah untuk PNS dan non-PNS. Ia mengakui industri perumahan rakyat tidak tumbuh dengan angka backlog perumahan 13,6 juta dan bertambah 700.000 setiap tahunnya. Karenanya, Menpera membutuhkan kerjasama berbagai pihak terkait seperti perbankan untuk pembiayaan perumahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com