Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Muamalat Ikut Salurkan Kredit Rumah Subsidi

Kompas.com - 28/03/2012, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah lima bank menyatakan siap menyalurkan program rumah bersubsidi dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk menjadi peserta keenam yang ikut menyalurkan.

"Kami berminat sebagai bank pelaksana program kredit atau pembiayaan rumah sejahtera dengan dukungan dana FLPP," kata Direktur utama PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk, Arviyan Arifin dalam acara penandatanganan kesepakatan antara pihaknya dengan Kementerian Perumahan Rakyat, di Jakarta, Rabu (28/3/2012).

Dalam kerjasama ini Bank Muamalat dan Kemenpera bersama-sama maupun sendiri melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap kebijakan pengadaan perumahan melalui kredit atau pembiayaan pemilikan rumah sejahtera. Kesepakatan bersama ini ditindaklanjuti dengan pelaksanaan perjanjian kerjasama operasional antara Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Perumahan dengan Muamalat.

Pada kesempatan tersebut Arviyan memaparkan kinerja Bank Muamalat per akhir 2011 yang mencatat total pembiayaan konsumen sebesar Rp 8,88 triliun atau 40,1 % dari total portofolio pembiayaan sebesar Rp 22,12 triliun. Sementara total asetnya mencapai Rp 32,48 triliun atau meningkat 52 %.

"Kami berupaya memperkuat fasilitas dan layanan bagi nasabah produk-produk konsumer. Hal ini kami harapkan dapat meningkatkan customer base secara signifikan guna mengakselerasi pertumbuhan bisnis kami," katanya.

Pada kesempatan sama, Menpera Djan Faridz mengaku senang menyambut kerjasama dengan Bank Muamalat ini.

"Perbankan satu-satunya selama ini yang mau bekerja untuk rakyat hanya Bank Tabungan Negara (BTN). Saya senang, karena tanpa saya minta Bank Muamalat datang untuk ikut menumbuhkan industri konstruksi rumah," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com