Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Menyulap" Ruang Tamu Mungil

Kompas.com - 28/03/2012, 11:31 WIB

KOMPAS.com - Terbatasnya ruangan bukan berarti mengungkung kreativitas Anda dalam mendesainnya. Apalagi, terhadap ruang tamu yang menjadi "etalase" bagi orang lain untuk menilai rumah Anda. Bagaimana orang merasa nyaman di ruang tamu berantakan, terkesan sempit, dan perabot yang disusun ala kadarnya?

Mendesain ulang ruangan tersebut sesuai konsep yang diinginkan menjadi langkah tepat. Akan tetapi, Anda tak perlu berpikir bahwa langkah ini bakal menguras kocek. Dengan biaya relatif terjangkau, setiap orang bisa "menyulap" isi ruang tamunya tampak lebih lega dan nyaman. Simak tips berikut ini, misalnya:

Kondisi cat

Langkah pertama bisa ditempuh adalah memperhatikan kondisi cat. Jika kondisi cat di dinding ruang tamu mulai terlihat kusam, Anda sebaiknya mengecat ulang. Penghuni rumah bisa berkreasi dengan warna baru agar mampu memberikan nuansa berbeda. Ruangan yang cenderung kecil atau mungil dianjurkan menggunakan warna-warna cerah atau pastel agar memberi kesan luas.

Perabot

Kalau ingin mengganti perabot, pilihlah yang desainnya sederhana dan ukurannya disesuaikan dengan ukuran ruang. Misalnya, untuk kursi, bisa dipilih yang bentuk modular atau kursi dengan sandaran punggung yang rendah. Kursi dengan desain ini bisa memberi efek lebih tinggi pada langit-langit.

Hiasan

Sementara itu, untuk menambah nilai estetika pada ruang tamu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti menambahkan hiasan dinding, hiasan meja, atau memberikan focal point. Untuk hiasan dinding, sebaiknya Anda pilih yang desainnya tidak terlampau rumit.

Sebagai ide, Anda bisa menggunakan foto-foto berukuran kecil berbingkai minimalis yang dipasang secara berkelompok di salah satu sisi ruangan. Jika ada barang-barang memorabilia dari tempat di luar kota yang pernah dikunjungi, bisa ditambahkan asal ukurannya juga tidak terlampau besar. Sementara untuk meja, selain bunga, bisa menggunakah stoples dengan bentuk dan warna unik sebagai wadah permen atau penganan ringan. Jangan lupa untuk menggunakan taplak meja agar tampilannya lebih ciamik.

Terakhir, untuk focal point, Anda bisa menambahkan satu perabot unik peninggalan orangtua atau nenek. Misalnya, ruang tamu memiliki konsep minimalis, Anda bisa meletakkan kursi goyang atau kursi antik yang tentu bakal menjadi pusat perhatian. (ASP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com