Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sssttt...IKEA Bidik Pasar Apartemen!

Kompas.com - 27/03/2012, 15:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Booming pembangunan apartemen di Indonesia, terutama untuk kota besar seperti Jakarta dan Surabaya memberi peluang pertumbuhan pasar furnitur. Salah satu produsen yang membaca peluang ini adalah IKEA, jaringan waralaba internasional asal Swedia.

"Booming pasar apartemen terutama Jakarta dan Surabaya dibidik oleh IKEA. Mereka masuknya ke pasar itu," kata Prieyo Pratomo, Execuitve Advisor Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo), kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (27/3/2012).

Menurut Prieyo, hadirnya IKEA ke Indonesia jangan dilihat sebagai berita buruk dalam industri furnitur lokal. Para pelaku industri furnitur lokal justeru bisa belajar dari sistem pemasaran dan produk waralaba itu.

"Dia menang brand dan outlet yang sudah mendunia. Kenapa dia bisa dikenal, karena tidak menjual item eksklusif," ujarnya.

Produk IKEA yang dijual, lanjut Prieyo, memiliki desain minimalis, orisinil, serta memiliki identitas jelas untuk kalangan modern.

"Pasar lokal bisa tidak masuk ke pasar itu (apartemen). Ketika ada pesaing, kita jangan langsung melakukan proteksi, tapi ambil manfaatnya dan belajar," kata dia.

Prieyo mengatakan, industri furnitur lokal tetap bisa masuk dan bersaing meski banyak kompetitor. Terbukti, lanjut dia, di Solo saat ini terdapat satu industri lokal yang memproduksi keranjang rotan untuk disuplai IKEA ke pasar internasional.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Hero Supermarket Tbk (HERO) bekerjasama dengan jaringan waralaba IKEA. Perseroan telah melakukan perjanjian pengembangan waralaba ini, Kamis (22/3/2012) lalu. Pengembangan jaringan IKEA ini akan dimulai pada 2014 hingga 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com