Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Furnitur Beroda di Rumah Mungil? Cocok Lho....

Kompas.com - 26/03/2012, 12:20 WIB

KOMPAS.com - Penataan hunian mungil dengan luas ruangannya yang terbatas membutuhkan kreatifitas lebih. Beruntungnya, persoalan kreatifitas saat ini semakin didukung perkembangan inovasi furnitur untuk mempermudah pengaturannya.

Salah satu kreatifitas itu adalah dengan memanfaatkan furnitur beroda. Furnitur beroda bisa Anda temui pada aneka furnitur berukuran kecil yang difungsikan untuk tidak menanggung banyak beban. Furnitur jenis ini kerap dapat ditemui pada kursi kerja, meja kopi (coffee table), rak sepatu, rak buku, lemari kecil, dan credenza.

Kelebihan roda pada furnitur adalah sifatnya yang fleksibel dan mudah dipindahkan sesuai kebutuhan. Dengan sedikit melakukan gerakan menggeser, furnitur beroda bisa dimanfaatkan untuk beragam fungsi. Tak jarang, keberadaan disengaja sekedar sebagai elemen keindahan dalam ruangan agar tidak membosankan.

Dengan furnitur beroda kini Anda pun bisa mempermudah kebutuhan ruang multifungsi. Misalnya, ketika tamu datang, coffee table bisa difungsikan untuk melengkapi fungsi ruang tamu. Maka, saat tamu Anda ingin menginap, posisi coffee table bisa digeser ke tempat lain dan digantikan sejenak dengan tambahan kasur tidur.

Saat ini tampilan roda pada furnitur semakin beragam, mulai bahan plastik sampai besi, dengan warna dan ukuran berbeda-beda tergantung bentuk furniturnya. Namun, Anda yang menyukai bentuk roda menggantung pada furnitur bisa memilih produk yang menyembunyikan bagian roda ini.

Agar penggunaannya maksimal, ada baiknya Anda tidak lupa melakukan perawatan rutin, seperti membersihkan roda. Karena saat digeser, roda kerap menumpuk debu dan kotoran pada permukaannya. Supaya tak mengeluarkan suara, sebaiknya Anda juga rajin memberi pelumas secara teratur.

Pilihan lain

Selain furnitur beroda, Anda bisa memakai jenis furnitur modular atau furnitur multifungsi untuk hunian mungil. Furnitur modular sangat fleksibel terhadap kondisi dan dimensi ruang yang berbeda-beda.

Beruntungnya, furnitur jenis ini dapat berdiri sendiri atau dipisah, untuk kemudian disatukan dengan yang lainnya. Hal ini berguna bila sewaktu-waktu anggota keluarga Anda bertambah atau ingin memperluas ruangan. Furnitur modular bahkan dapat dibongkar dan dikurangi volumenya.

Sementara itu, furnitur multifungsi memiliki banyak manfaat sehingga dapat memenuhi beragam kebutuhan Anda. Selain itu, pilihan furnitur jenis ini dapat mengurangi jumlah furnitur yang akan ditempatkan. Misalnya, lemari di ruang keluarga juga bisa mencakup kebutuhan untuk meletakkan televisi, peralatan elektronik, tempat menyimpan koleksi CD, rak buku, juga tempat meletakkan foto atau pajangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com