Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Depan, Tender 21 "Twin Block" Rusunawa Dibuka!

Kompas.com - 20/03/2012, 10:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) akan menggelar tender pembangunan 21 twin block rumah susun sederhana sewa (rusunawa) dalam waktu dekat. Jika tidak ada aral melintang, tender akan dibuka April mendatang dengan nilai proyek Rp 12 miliar - Rp 13 miliar per twin block.

Direktur Pengembangan dan Pemukiman Ditjen Cipta Karya Kementerian PU, Amwazi Idrus, mengungkapkan, sebanyak 21 twin block yang akan tender itu merupakan realisasi dari target tender untuk 48 twin block tahun ini.

"Tender yang sudah kami verifikasi adalah 21 twin block," kata Amwazi, di Jakarta, Senin (19/3/2012) kemarin.

Penandatanganan kontrak untuk tender rusunawa ini diharapkan bisa dilakukan tiga bulan setelah lelang atau sekitar bulan Agustus. Sementara tender untuk 27 twin block lainnya diperkirakan dimulai Juni sampai Juli 2012 mendatang. Tender 27 twin block ini tertunda kerana pemerintah daerah belum melengkapi persyaratannya.

Namun begitu, Kementerian PU menargetkan, 49 proyek twin block rusunawa bisa ditender September atau Oktober mendatang. Harapannya, seluruh konstruksi bisa selesai pertengahan 2013 dengan jangka waktu pengerjaan konstruksi 8 bulan.

Adapun sebagian besar proyek twin block rusunawa ini mayoritas berada di Pulau Jawa dan kota-kota besar dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. Untuk proyek ini, Kementerian PU sudah meminta pemerintah daerah segera mempersiapkan infrastrukturnya.

"Pemerintah daerah harus menganggarkan alokasi listrik, air dan infrastrukturnya, selain itu harus menyiapkan masyarakatnya yang menghuni," terang Amwazi.

Sampai 2014, Kementerian PU menargetkan bisa membangun 270 twin block rusunawa yang masing-masing twin block terdiri dari 100 unit. Dari target itu, telah dibangun 39 twin block tahun 2010, sementara tahun 2011 sedang dibangun 70 twin block yang ditargetkan selesai tahun ini.

Sementara itu, tahun ini akan dibangun 48 twin block yang diharapkan selesai 2013. Pada 2013 sampai 2014 nanti, kementerian PU menargetkan membangun sekitar 70 twin block lagi. (Ayu Utami Larasati)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com