Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keramik Bekas, Indahnya Terus Membekas

Kompas.com - 16/03/2012, 11:26 WIB

KOMPAS.com - Memasang keramik untuk lantai dengan pola grid sudah biasa. Bagaimana jika Anda sedikit berimprovisasi dengan menggunakan pecahan keramik sisa?

Bahan untuk mempercantik lantai kali ini bukan dari keramik mozaik, melainkan potongan keramik yang disusun ulang sehingga membentuk mozaik. Potongan keramik ini benar-benar limbah atau sisa pakai proyek. Jadi, ada unsur penghematan dan ramah lingkungan disini.

Untuk mendapatkan keramik sisa, Anda dapat mendatangi proyek rumah dan menanyakan soal limbah keramik bila masih ada. Cara lainnya, Anda dapat datang ke toko bangunan yang menjual keramik sisa akibat cacat produksi.

Tentu, alangkah serunya bila potongan keramik yang Anda koleksi terdiri dari warna dan corak berbeda. Maka, hasilnya nanti bakal lebih unik dan berkarakter.

Kemudian, saat pembuatannya, Anda bisa memulainya dengan menggambar pola-pola yang Anda inginkan pada sebuah kertas. Lalu, gambar pola tersebut pada lantai yang hendak dipasangi keramik sisa.

Selanjutnya, tuangkan adonan semen di atas pola, kemudian susun keramik di atasnya. Supaya semen tidak cepat mengering, tuangkan semen secara bertahap dengan kelipatan 1 meter persegi. Pilihan semen instan lebih baik karena memiliki waktu kering sampai 30 menit. Waktu ini bisa Anda manfaatkan untuk menyesuaikan dan mengolah potongan keramik sisa.

Sumber: Majalah Renovasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com