BELI RUMAH
5 Pertimbangan Penting Sebelum Memilih Rumah
Penulis : Natalia Ririh | Kamis, 15 Maret 2012 | 11:00 WIB
|
Share:
shutterstock
Aspek tak kalah penting dipertimbangkan adalah memastikan rumah tersebut bukan dalam proses sengketa. Pastikan sertifikat tanahnya asli serta sesuai nama pemiliknya.

KOMPAS.com - Ada beberapa hal prinsip yang sebetulnya patut Anda pertimbangkan sebelum memilih rumah. Apalagi, bila kebutuhan akan rumah itu dimaksudkan sebagai hunian keluarga, bukan semata investasi.

Menurut Hermawan Wijaya dalam bukunya "77 Rahasia Cepat Untung Bisnis Properti", ada lima aspek yang sebaiknya dipikirkan matang-matang sebelum membeli rumah. Simak berikut ini: 

Ketersediaan waktu

Memiliki rumah baru kadang muncul karena faktor kebutuhan yang mendesak. Umpamanya, karena pekerjaan baru, Anda terpaksa pindah ke kota baru atau rumah kontrakan harus segera dikosongkan.

Dalam keadaan mendesak seperti ini, memilih rumah yang benar-benar tepat belum tentu terwujud. Waktu terbatas ini akan menentukan luas pilihan Anda, apakah memilih rumah yang sudah jadi tapi masih perlu direnovasi, rumah ready stock, atau membeli dan membangun sendiri.

Kebutuhan ruang

Selain menyediakan waktu khusus, Anda juga perlu mempertimbangkan kebutuhan ruangan. Luas rumah dapat diukur dari banyaknya jumlah keluarga yang akan tinggal di situ. Apa saja aktivitasnya, adakah kendaraan Anda miliki, bagaimana meletakkan perabotan yang sebelumnya sudah dimiliki dan lain-lainnya.

Nantinya, pertimbangan ini akan menentukan jumlah dan besarnya ruangan yang harus dipenuhi di rumah baru Anda. Dengan begitu, keadaan rumah mampu dan efektif menampung aktivitas sekeluarga.

Siapkan anggaran

Setelah mengetahui jumlah kebutuhan rumah Anda, tentukan pula besarnya anggaran rumah. Jika dana tunai terbatas, Anda dapat memanfaatkan pinjaman kredit dari bank.

Namun, meminjam dari bank juga perlu dihitung dana tambahannya. Sesuaikan pula kemampuan penghasilan saat mengangsurnya setiap bulan.

Perhitungkan juga dana cadangan yang harus disiapkan untuk renovasi dan dana membeli perlengkapan rumah tangga. Alhasil, saat menempati rumah baru Anda tak terbebani secara finansial di kemudian hari.

Otomatis, dengan mengetahui jumlah anggaran dimiliki, Anda dapat membatasi pilihan rumah berdasarkan range harganya.

Lokasi

Dengan menyatukan tiga aspek di atas, Anda bisa memilih kemungkina lokasi yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan. Untuk membantu mendapatkan pilihan rumah, Anda bisa mengunjungi pameran rumah, memakai jasa broker, atau melihat dari iklan surat kabar.

Legalitas

Aspek tak kalah penting dipertimbangkan adalah memastikan rumah tersebut bukan dalam proses sengketa. Pastikan sertifikat tanahnya asli serta sesuai nama pemiliknya. Jangan lupa, cek Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan simpan bukti pembayarannya.


Editor :
Latief