Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pertimbangan Penting Sebelum Memilih Rumah

Kompas.com - 15/03/2012, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Ada beberapa hal prinsip yang sebetulnya patut Anda pertimbangkan sebelum memilih rumah. Apalagi, bila kebutuhan akan rumah itu dimaksudkan sebagai hunian keluarga, bukan semata investasi.

Menurut Hermawan Wijaya dalam bukunya "77 Rahasia Cepat Untung Bisnis Properti", ada lima aspek yang sebaiknya dipikirkan matang-matang sebelum membeli rumah. Simak berikut ini: 

Ketersediaan waktu

Memiliki rumah baru kadang muncul karena faktor kebutuhan yang mendesak. Umpamanya, karena pekerjaan baru, Anda terpaksa pindah ke kota baru atau rumah kontrakan harus segera dikosongkan.

Dalam keadaan mendesak seperti ini, memilih rumah yang benar-benar tepat belum tentu terwujud. Waktu terbatas ini akan menentukan luas pilihan Anda, apakah memilih rumah yang sudah jadi tapi masih perlu direnovasi, rumah ready stock, atau membeli dan membangun sendiri.

Kebutuhan ruang

Selain menyediakan waktu khusus, Anda juga perlu mempertimbangkan kebutuhan ruangan. Luas rumah dapat diukur dari banyaknya jumlah keluarga yang akan tinggal di situ. Apa saja aktivitasnya, adakah kendaraan Anda miliki, bagaimana meletakkan perabotan yang sebelumnya sudah dimiliki dan lain-lainnya.

Nantinya, pertimbangan ini akan menentukan jumlah dan besarnya ruangan yang harus dipenuhi di rumah baru Anda. Dengan begitu, keadaan rumah mampu dan efektif menampung aktivitas sekeluarga.

Siapkan anggaran

Setelah mengetahui jumlah kebutuhan rumah Anda, tentukan pula besarnya anggaran rumah. Jika dana tunai terbatas, Anda dapat memanfaatkan pinjaman kredit dari bank.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com