Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Konsep "SOHO" Cocok di Indonesia?

Kompas.com - 14/03/2012, 06:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsep hunian Small Office Home Office (SOHO) muncul untuk menjawab kebutuhan untuk tinggal sekaligus bekerja di tempat yang sama. Untuk memenuhi kebutuhan para profesional, eksekutif, maupun pengusaha muda, kini pengembang semakin tertarik menerapkan konsep yang menggabungkan fungsi hunian dan usaha ini.

Menurut Justini Omas, Sekretaris Perusahaan PT Agung Podomoro Land, Tbk (APLN), pihaknya berencana membangun satu tower berkonsep SOHO di kawasan superblok Podomoro City, Jakarta Barat. Rencananya, menara apartemen berkonsep SOHO itu  dibangun di lahan bekas gedung Dewa Ruci di dekat Central Park.

"Konsep ini sebenarnya masih dalam tes pasar, tapi ternyata sambutannya sangat baik," kata Justini di Jakarta, Selasa (13/3/2012).

Justini mengatakan, rencananya apartemen berkonsep SOHO ini akan diluncurkan pada awal kuartal II tahun ini. Target pasar yang dibidik adalah para profesional dengan jam kerja berbeda. Misalnya arsitek, atau desainer grafis yang membutuhkan waktu lebih untuk bekerja.

"Kalau mereka menyewa kantor karena lembur nanti dikenai service charge gedung. Sementara, kalau di apartemen SOHO bisa tinggal, bekerja, dan menerima klien di situ," ujarnya.

Selain APLN, sebelumnya diberitakan pengembang PT Bahama Development memperkenalkan properti barunya berkonsep SOHO bernama SOHO@Menteng Square. Rencananya, SOHO@Menteng Square akan menempati lokasi di lantai 22 (roof floor) dari dua tower apartemen A dan B Menteng Square, yang terdiri atas 36 unit dengan ukuran 57 m2 (semigross). Apartemen ini ditawarkan dengan harga perdana Rp 790 juta sampai Rp 960 juta per unit.

Direktur PT Ciputra Property Tbk Artadinata Djangkar, dalam kesempatan berbeda mengatakan konsep hunian SOHO menjadi peluang untuk mengakomodasi kebutuhan tinggal dan bekerja dalam satu ruang.

"Konsep ini menarik karena memungkinkan pengusaha atau profesional yang baru memulai membangun perusahaan untuk bekerja dan tinggal di situ," katanya.

Menurut pengamat properti, Ali Tranghanda dari Indonesia Property Watch (IPW) berpendapat, konsep SOHO di Indonesia masih harus dilihat keberhasilannya. Di Singapura, konsep hunian ini banyak diminati karena banyak profesional dan pengusaha muda tinggal dan bekerja di pusat kota.

"Perlu dilihat lagi nanti keberhasilan konsepnya bila diterapkan sepenuhnya disini. Tapi, konsep SOHO bisa menjadi peluang yang baik," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com