Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Sektor Properti Diprediksi Menguat di 2012

Kompas.com - 10/03/2012, 06:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Handa Sulaiman, Executive Director, Investment, Cushman & Wakefield Indonesia, memprediksi tiga sektor properti yang akan terus menguat di tahun 2012 adalah sektor perkantoran, perhotelan, dan industri. Investasi di tiga sektor ini diprediksi semakin tinggi, baik dalam bentuk ekspansi atau investasi dari investor asing maupun domestik.

"Selain tiga sektor properti utama ini yang akan terus berkembang selama tahun 2012, pertumbuhan ekonomi juga mendorong tingkat permintaan untuk apartemen sewa maupun milik," kata Handa di Jakarta, Jumat (9/3/2012).

Tren permintaan yang menguat ini, kata Handa, menyebabkan kenaikan harga tanah yang substansial di Jakarta serta daerah residensial favorit di kota-kota besar lainnya. Pasar properti di Asia, selain Indonesia diprediksi juga menguat.

Tahun lalu, kawasan Asia mengalami kenaikan 42 persen untuk investasi industri dan 20 persen di sektor ritel. Sementara, sektor perkantoran dan perhotelan tidak ada perubahan. Kecenderungan ini akan terus berlanjut di tahun 2012 ini dengan fokus Jepang, Hongkong, dan Singapura untuk sektor Industri.

Di sektor ritel, menurut prediksi Cushman & Wakefiled akan berlanjut di seluruh negara China dan kota-kota seperti Singapura, Hongkong, dan Seoul. Terutama di Seoul, pertumbuhan kapital terjadi karena imbas munculnya pusat-pusat perbelanjaan modern.

Di Cina, komunitas investor global saat ini jeli melihat potensi pasar. Kota-kota kunci seperti Shangai dan Beijing semakin menarik untuk area perkantoran. Dengan adanya tingkat perputaran transaksi yang tinggi, kondisi ini menjadi fundamental yang sangat baik untuk investasi di sektor pusat perbelanjaan tingkat menengah dan atas. Untuk pasar Eropa, David Hutchings, Kepala Riset negara bagian Eropa, Cushman & Wakefield mengatakan kota London akan terus menonjol.

"Walaupun London akan menjadi kota olimpiade di tahun ini, tapi sisi investasi akan berada di peringkat kedua. Kelebihannya karena London memiliki kematangan dan pertumbuhan pasar jangka panjang," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com