Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilah-Pilih, dari Rusunami sampai Kondotel

Kompas.com - 08/03/2012, 14:43 WIB

KOMPAS.com - Ada beragam jenis rumah susun menurut kelas dan harganya. Jenis hunian vertikal itu meliputi apartemen untuk masyarakat menengah bawah, apartemen kelas menengah, hingga apartemen menengah ke atas dan kelas atas. Hingga kini, belum ada standar baku untuk penggolongan rumah susun.

Harga rumah susun kerap dijadikan acuan untuk menentukan kelas rumah susun meskipun belum ada standar harga yang baku. Secara umum, apartemen dikategorikan kelas menengah bawah jika harganya di bawah Rp 200 juta per unit, apartemen menengah apabila harganya Rp 200 juta-Rp 500 juta per unit, apartemen menengah atas untuk harga satuan di atas Rp 500 juta - Rp 1 miliar, serta apartemen kelas atas jika harga per unitnya melampaui Rp 1 miliar.

Produk apartemen yang ditawarkan dapat berstatus kepemilikan strata title (kondominium) ataupun apartemen sewa. Status kepemilikan satuan rumah susun (sarusun) terbagi lagi atas sarusun di atas tanah hak milik, hak guna bangunan atau hak pakai di atas tanah negara, serta hak guna bangunan atau hak pakai di atas tanah hak pengelolaan.

Untuk hak guna bangunan (HGB), masa kepemilikan berlaku rata-rata 30 tahun dan dapat diperpanjang. Konsumen dikenakan biaya perpanjangan HGB lahan sesuai dengan luas hunian.

Adapun kepemilikan bangunan tidak perlu lagi diperpanjang karena konsumen sudah memiliki sertifikat hak milik satuan rumah susun. Sementara itu, apartemen dengan status kepemilikan hak pakai umumnya berlaku untuk konsumen warga negara asing dengan masa kepemilikan berlangsung 25 tahun dan dapat diperpanjang maksimum sampai 70 tahun. (LKT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com