Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlueScope Tambah Produksi Baja

Kompas.com - 01/03/2012, 12:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT BlueScope Steel Indonesia menargetkan penjualan tahun ini bisa meningkat tiga kali lipat dibandingkan penjualan pada 2011 lalu. Kenaikan produksi pabrik baja berlapis metal dan baja berlapis cat yang berproduksi penuh pada September 2011 ini diyakini akan menopang pencapaian target penjualan tersebut.

Cheong Ku Wei, Presiden Direktur BlueScope Steel Indonesia, mengatakan, pabrik baja berlapis atau metal coating line (MCL) 1 bisa berproduksi 100.000 ton per tahun. "September lalu, kami telah menambah line baru sehingga kapasitasnya naik menjadi tiga kali lipat," kata Cheong Ku Wei dalam acara peluncuran baja ramah lingkungan Clean Colorbond, Rabu (29/2/2012) kemarin.

Perusahaan ini berharap fasilitas produksi (line) baru itu bisa berjalan dengan kapasitas penuh. Saat ini, kapasitas produksi pabrik BlueScope Steel di Cilegon, Banten, mencapai 265.000 ton baja berlapis metal dan 160.000 ton baja berlapis cat per tahun. Sebelumnya, produksi baja BlueScope hanya 100.000 ton baja berlapis metal dan 40.000 ton baja lapis cat per tahun.

Cheong menjelaskan, line baru itu akan memproduksi gulungan baja berukuran kecil yakni sekitar 0,2-0,4 milimeter (mm). Baja jenis ini umumnya digunakan untuk konstruksi perumahan.

BlueScope Steel telah menganggarkan investasi US$ 135 juta untuk menambah lini baru itu. Perusahaan baja ini juga memanfaatkan anggaran itu untuk meningkatkan efisiensi pabrik MCL. (Bernadette Christina Munthe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com