Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Beli Rumah? Cek Lagi Kantongnya....

Kompas.com - 29/02/2012, 11:28 WIB

KOMPAS.com - Bersiap membeli rumah atau cukup hanya mengontrak? Ada baiknya, sebelum menentukan untuk membeli rumah, cek kembali kesiapan finansial Anda. Sudah siap atau belum?

Kesiapan memiliki rumah tidak dilihat dari usia, tetapi perlu melihat sejumlah faktor pendukungnya. Maka, tak perlu gelisah jika di usia 40 tahun Anda belum juga punya rumah.

Deana Arnett, konsultan dan pakar finansial di Manassas, Virginia, Amerika Serikat, mengatakan, manfaat terbesar memiliki rumah adalah Anda telah memanfaatkan uang untuk membangun atau membeli aset properti untuk diri Anda sendiri, bukan memberikan uang Anda sebagai uang sewa. Simak beberapa pertimbangan yang diungkapkan Arnett sebelum Anda menentukan hal ini:

Waktu yang tepat

Arnett mengatakan, waktu yang tepat memiliki rumah tidak ditentukan oleh faktor usia, melainkan faktor kematangan finansial. Maka, jika tabungan Anda semakin meningkat dan Anda tak lagi konsumtif, ini tentu pertanda baik untuk Anda.

Namun sebaliknya, jika Anda memiliki ciri-ciri berikut ini, ada baiknya Anda berpikir ulang untuk membeli rumah. Untuk saat ini, menyewa atau mengontrak rumah masih menjadi solusi lebih baik ini terkait beberapa faktor ini:

Tak ada dana cadangan

Anda tentu belum bisa membeli rumah jika Anda sendiri tidak punya dana cadangan atau dana darurat di rekening bank Anda. Perlu Anda ketahui, dana darurat harus dimiliki seseorang minimal sejumlah enam bulan dari pengeluaran rutin bulanan. Tanpa itu, Arnett menyarankan, sebaiknya tunda keinginan Anda membeli rumah.

Utang kartu kredit

Terkait utang kartu kredit, kemampuan mengukur kondisi keuangan sehat atau tidak bisa Anda ketahui dari pembayaran tagihan setiap bulannya. Jika mampu membayar lunas tagihan sebelum jatuh tempo, tandanya utang-utang kartu kredit Anda aman, tak ada masalah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com