Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah Rumah Rp 25 Juta Akan Terwujud?

Kompas.com - 17/02/2012, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Di saat angka backlog perumahan menunjukkan jumlah yang memprihatinkan, Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz menyatakan sanggup membangun rumah murah tipe 36 seharga Rp 25 juta. Untuk menjawab keraguan berbagai pihak, Menpera bahkan membangun tiga model rumah murah di halaman parkir Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) di Jalan Raden Fatah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Kami sanggup bikin rumah murah Rp 25 juta permanen. Saya ingin buktikan kepada pengembang, dengan uang Rp 25 juta kita bisa bangun rumah murah tipe 36 yang layak huni," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers Kemenpera di Jakarta, Jumat (10/2/2012).

Djan Faridz mengatakan, selama ini kalangan pengembang menilai rumah murah tipe 36 sulit diwujudkan. Padahal, lanjut dia, dengan menggunakan bahan-bahan serta teknologi memadai, bangunan tersebut dapat dibangun dengan waktu relatif singkat. Rumah murah yang dijanjikan Menpera ini nantinya memiliki tembok beton dengan beberapa ruangan, yakni ruang keluarga, dua kamar tidur, kamar mandi, dan dapur.

Menanggapi hal ini, pengembang akan mendukung dan mengikuti langkah Menpera selama pemerintah menjamin tanahnya telah ada.

"Kami akan mengikuti Menpera, kalau tanah untuk rumah murah ini disediakan karena Rp 25 juta itu hanya konstruksi rumahnya saja, belum termasuk tanah," kata Ketua Umum DPP Realestat Indonesia (REI) Setyo Maharso di Jakarta, Jumat.

Setyo mengatakan, kalau hanya untuk konstruksi rumah, hitungan REI bisa kurang dari Rp 25 juta. Namun, tanah untuk pembangunannya harus disediakan.

"Kalau tanah di daerah itu milik pemerintah daerah (pemda), ini yang bermasalah. Mungkin lewat DPRD agar melepas izin, baru bisa dibangun," katanya.

Senada dengan Setyo, Direktur Indonesia Property Watch (Direktur IPW) Ali Tranghanda mengatakan, selama pemerintah menyediakan tanah, tidak akan ada masalah dan menjadi masalah. Karena itu, kata Ali, pemerintah perlu menyediakan land bank (bank tanah) agar permasalahan rumah murah untuk MBR ini bisa teratasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com