Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Kamar Mandi Diberi Penyekat?

Kompas.com - 13/02/2012, 09:58 WIB

KOMPAS.com - Untuk memisahkan ruang tamu dan ruang makan, Anda dengan mudah meletakkan penyekat. Begitu pula untuk pantry dan kamar tidur. Lalu, apakah di kamar mandi membutuhkan penyekat?

Jawabannya, bisa iya, bisa tidak. Kamar mandi tidak membutuhkan sekat apabila Anda membuatnya berdiri tunggal sebagai tempat mandi basah saja. Kemudian, fungsi toilet dan wastafel berada di tempat terpisah.

Namun, Anda perlu menyekat kamar mandi jika konsepnya adalah kamar mandi kering. Di sini, tidak dijumpai bak berisi tampungan air, melainkan shower atau pancuran, kloset dan wastafel di satu ruang. Sebab, pancuran mengucurkan air ke bawah, maka risiko cipratan air akan membasahi lantai dan daerah sekitarnya. Sementara, kloset dan wastafel tetap dikonsep kering. Basah dan kering ada di satu tempat inilah maka kehadiran penyekat menjadi penting.

Pemakaian kaca sebagai penyekat dapat dipilih untuk menjawab kebutuhan memisahkan area basah dan kering. Kaca juga bersifat transparan, artinya memberikan batasan namun tak mengurangi rasa kesatuan ruangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com