Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punggol Bakal Jadi "Venice"-nya Singapura

Kompas.com - 30/01/2012, 14:53 WIB
SINGAPURA, KOMPAS.com - Punggol yang terletak di kawasan Timur Laut Singapura dalam hitungan tahun, akan menjelma menjadi kota waterfront di abad 21. Hal ini ditegaskan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dalam sebuah kesempatan, dengan mengatakan kawasan ini paling tepat direncanakan untuk waterway.

"Pemerintah rencananya akan membuat waterway sepanjang 42 kilometer di danau ini. Mungkin akan ada transportasi air yang bisa dimanfaatkan publik seperti water taxi. Selain itu, rencananya di danau ini bisa digunakan untuk berenang. Ini menandakan keseriusan pemerintah terhadap Punggol," kata Chia Boon Kuah, Chief Operating Officer, Property Sales dan Executive Director Far East Organization, di Singapura, Rabu (25/1/2012).

Punggol yang telah diperkenalkan pada 23 Oktober 2011 akan menjadi waterway  pertama di Singapura dengan konsep hijau di Punggol Promenade seluas 4,9 kilometer. Promenade dapat dimanfaatkan oleh publik untuk berolahraga dan rekreasi. Di kawasan dengan perkiraan populasi 65.000 pada 2015, Punggol akan dilengkapi dengan jaringan transportasi umum terintegrasi serta bangunan hunian dan komersial.

"Perdana Menteri juga menjanjikan bahwa setiap 600 meter akan ada MRT. Maka, ini akan mempercepat jarak dari Punggol menuju kawasan lainnya," lanjut Chia.

Berdasarkan masterplan Punggol 21, nantinya di kawasan ini akan berdiri perumahan rakyat sebanyak 12.300 unit dan hunian privat 1.874 unit. Saat ini, perumahan untuk rakyat baru terbangun 21.900, sementara hunian privat terbangun 14 unit.

"Far East akan membangun bangunan mixed use di kawasan ini bernama Watertown. Terdiri dari hunian terintegrasi dengan pusat perbelanjaan seperti Vivo City serta jalur transportasi publik. Yang menarik nantinya hunian kami akan memiliki pemandangan ke arah danau. Secara Fengshui berdekatan dengan air itu baik," kata dia.

Merujuk pada konsep masterplan tata kota Punggol, Chia mengatakan, konsep ini fenomenal. Apalagi, tinggal dalam hunian kondominium dengan pusat perbelanjaan di bawahnya serta MRT pasti akan banyak peminatnya.

"Pemandangan di depannya adalah danau yang direncanakan jadi waterway, ini akan seperti Venice di Italia," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com