Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang Keluarga Harmonis Menurut Feng Shui

Kompas.com - 24/01/2012, 10:42 WIB

KOMPAS.com - Menurut budaya China, tata letak rumah dan ruang akan menguntungkan jika sheng chi dapat masuk dengan ringan dan mengalir dari satu ruang ke ruangan lainnya. Dengan tata letak yang baik, dapat dipastikan 70 persen rumah memiliki feng shui yang juga baik.

Lantas, bagaimana dengan penataan tiap ruangan di rumah Anda? Apakah di tiap ruangan mampu mengalirkan chi ke ruangan lain, serta membawa keharmonisan bagi seluruh anggota keluarga?

Untuk memastikannya, berikut prinsip-prinsip dasar tata letak ruang berdasarkan feng shui:

- Bila terbuka, sebaiknya pintu utama tidak menghadap ke tempat yang sempit atau menghadap langsung ke kamar mandi, jendela, tangga, pilar, sudut dan kaca.

- Ruang tamu hendaknya berada setengah di luar rumah. Alangkah lebih baik jika berada di dekat pintu utama dibandingkan pintu belakang.

- Sebaiknya ruang makan dan ruang keluarga berada di tengah-tengah rumah. Ini membuat ruang keluarga terasa lebih harmonis.

- Dapur sebaiknya berada setengah di dalam rumah, juga lebih baik jika berada di dekat pintu belakang dibandingkan pintu depan.

- Kamar mandi sebaiknya berukuran kecil dan tertutup pintunya setiap waktu. Pintu kamar mandi tidak menghadap langsung pintu lainnya, juga tangga, tempat tidur dan meja makan. Kamar mandi tidak terletak di barat laut dan tenggara dari suatu rumah.

- Jika rumah memiliki beberapa tingkat, area ruang makan seharusnya berada di tingkat paling tinggi dari ruang tamu, sedangkan area kamar tidur berada pada tingkat lebih tinggi.

- Rumah bertingkat boleh saja, namun bila membagi rumah tidak seimbang akan menyebabkan banyak kehilangan uang. Lain halnya dengan lantai bertingkat yang dipisah dengan lantai mezanin. Dari sisi perspektif feng shui, lantai mezanin dianggap tidak menguntungkan. Lantai jenis ini dianjurkan untuk ruangan yang tidak berfondasi.

- Jangan sampai ada koridor panjang di dalam rumah karena akan membentuk panah beracun. Hal ini akan memunculkan perselisihan dan salah pengertian di dalam rumah.

- Semua struktur menonjol dan palang sebaiknya rata dengan dinding rumah. Palang menonjol dan sudut akan menciptakan shar chi yang sangat kuat.

(Sumber: Yusep Nur Jatmika dalam "Pilihan-Pilihan Kreasi Ruang Tamu dan Ruang Keluarga" terbitan Harmoni)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com