Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang Terbatas Tak Perlu Dikeluhkan

Kompas.com - 19/01/2012, 17:21 WIB

KOMPAS.com - Memiliki hunian dengan ruang terbatas mestinya tak perlu memunculkan tumpukan keluhan. Dengan penataan yang benar pada keterbatasan ruang ini sebenarnya dapat menghasilkan kenyamanan.

Teguh Prihanto dalam bukunya "Kreatif Menata Hunian Mungil" terbitan Kawan Pustaka, menyebutkan ada lima hal bisa Anda jadikan pertimbangan saat menata ruang-ruang terbatas di rumah. Kelima hal itu adalah:

Fungsional

Aspek ini dimaknai dengan memaksimalkan elemen-elemen ruang untuk mendukung aktivitas yang ada di dalamnya, serta meminimalkan elemen hiasan. Aspek fungsional meliputi dimensi ruang, layout ruang, dan furnitur.

Dalam memilih furnitur, misalnya, Anda harus jeli dengan bentuk-bentuk yang ada. Namun, juga dapat mencari fitur lebih serta nyaman. Saat menata ruang, tentunya Anda memaksimalkan ruangan juga menghindari ruangan jadi sia-sia.

Sederhana

Aspek ini penting karena memaksimalkan elemen-elemen ruang, serta membuat tampilan lebih luas. Bila dibuat rumit dengan prosedur rumit pula, maka penataan tidak efisien baik dari sisi waktu maupun ruang.

Kesederhanaan juga berkaitan dengan hal bersih dan rapi, karena perawatannya lebih mudah dibandingkan bentuk-bentuk elemen rumit.

Praktis

Dukungan teknologi saat ini memungkinkan setiap elemen dibuat praktis serta mudah penggunaannya. Konsep multifungsi pada furnitur dan elemen ruang lain merupakan solusi praktis agar ruang lebih lapang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com