Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senyaman Mungkin di Ruang Kerja

Kompas.com - 12/01/2012, 12:35 WIB

KOMPAS.com - Sebagai saran saja, bila baru-baru ini Anda memutuskan untuk membuat ruang kerja di rumah, kenyamanan sebaiknya menjadi prioritas Anda. Jika luas ruangan tidak memungkinkan membentuk ruangan baru, Anda bisa menyiasati dengan mengubah sudut ruangan jadi lebih private.

Selain itu, pastikan sudut ruangan ini tidak terletak pada jalur lalu lintas anggota keluarga berlalu lalang. Agar tepat disebut ruang kerja, lengkapi dengan furnitur built in. Atau, bisa juga dengan menata ambalan yang rapi menyerupai rak menempel pada dinding.

Selanjutnya, tempatkan buku-buku pada rak tersebut berikut hiasan atau koleksi Anda lainnya. Salah satu metode mengorganisasikan buku adalah dengan menyimpannya berdasarkan topik. Agar tidak tertukar atau kesulitan saat dibutuhkan, buatlah penamaan pada bagian bawah rak.

Tak kalah pentingnya adalah unsur pencahayaan. Lampu kerja merupakan elemen yang mutlak hadir di ruangan ini. Bila ukuran meja kerja tidak terlalu besar, Anda dapat menghemat ruangan dengan memakai lampu jepit.

Namun, apabila ruang kerja di rumah menjadi kantor Anda, dan banyak menerima kunjungan dari kolega atau klien, Anda harus memperhatikan urusan privasi. Untuk kebutuhan ini, buatlah partisi yang berfungsi untuk memisahkan fungsi ruang kerja dengan fungsi yang lebih privasi.

(Sumber: Seri Rumah Ide Menata Rumah, Imelda Akmal Architecture Writer Studio, Gramedia Pustaka Utama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com