Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampu Meja, "Teman Tidur" yang Setia

Kompas.com - 12/01/2012, 11:36 WIB

KOMPAS.com - Di luar perannya menyumbang keindahan bagi ruangan, lampu di samping tempat tidur, baik berupa lampu di atas nakas atau lampu tempel di dinding, memiliki sejumlah fungsi. Lampu ini bukan sekadar hiasan.

Pertama, lampu ini berguna untuk membaca, terutama untuk Anda yang suka membaca sebelum tidur. Anda akan membutuhkan lampu ini pada kondisi saat Anda masih ingin membaca, sementara pasangan sudah ingin tidur.

Kedua, lampu di samping tempat tidur juga berguna untuk melihat dalam gelap. Misalnya, saat Anda terbangun di malam hari dan ingin melihat jam tangan yang Anda letakkan di atas nakas, Anda tinggal menghidupkan lampu meja.

Ketiga, lampu berfungsi sebagai alat penerangan yang bisa Anda nyalakan pertama kali saat ingin beranjak dari tempat tidur, pada waktu tengah malam atau dini hari. Bila Anda menyalakan lampu utama, kemungkinan malah mengganggu pasangan atau anak yang masih tidur dengan lelap.

Lampu meja biasanya memiliki tombol on/off yang dekat dengan lampunya. Ini berbeda dengan lampu general yang terpasang di plafon, dengan tombol on/off terletak pada dinding. Letak tombol yang dekat akan membantu Anda saat terbangun pada malam hari. Bayangkan, bila kondisi kamar gelap dan nekat berjalan maka bisa tersandung. Namun, dengan menghidupkan lampu di samping tempat tidur, akan membantu penerangan sebelum menuju saklar utama.

Untuk memenuhi fungsi kegiatan membaca, sebaiknya memilih lampu dengan "kepala" yang bisa digerakkan, sehingga membantu menerangi bacaaan Anda. Bila Anda membutuhkan untuk "teman tidur" karena tidak suka kamar yang gelap gulita, Anda perlu memilih lampu yang bisa diatur tingkat terangnya. Namun, apapun jenisnya, yang terpenting tombol lampu harus bisa dijangkau tanpa membuat Anda bangun dari tempat tidur. (Made Mardiani Kardha)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com