Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkasa Pura Siapkan Dana Perluasan Rp 1,4 Triliun

Kompas.com - 12/01/2012, 10:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini PT Angkasa Pura (AP) II telah menyiapkan anggaran Rp 1,4 triliun untuk proyek perluasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Dana diambil dari belanja modal (capital expenditure) perseroan tahun 2012 senilai Rp 2,3 triliun. Adapun total kebutuhan dana perluasan Soetta adalah Rp 11,75 triliun.

Direktur Utama AP II Tri Sunoko mengatakan, pihaknya saat ini tengah menyelesaikan proses Detail Engineering Design (DED) yang di dalamnya juga membahas skema pembiayaan proyek.

"Targetnya, proses ini bisa selesai akhir Februari 2012," ujar Tri.

DED akan menjadi dasar tender konstruksi untuk mencari kontraktor di bulan yang sama. Pihak AP II mengharapkan pemancangan tiang pertama (ground breaking) bisa dilakukan semester I tahun 2012.

Pada tahap awal, konstruksi diprioritaskan pada pengembangan semua terminal. Ekspansi Bandara Soetta tahap pertama ini diharapkan bisa meningkatkan kapasitas tampung bandara tersebut, yang ditargetkan mencapai 62 juta orang per tahun. Untuk ekspansi Bandara Soetta tahap satu senilai Rp 11,75 triliun, 30% berasal dari internal AP II senilai Rp 3,5 triliun. Sedangkan sisanya senilai Rp 8,225 triliun dari eksternal.

"Untuk tahun ini, dana yang berasal dari internal sudah mulai direalisasikan Rp 1,4 triliun. Jadi, kami maksimalkan kas intenal dulu, baru setelah itu pembiayaan eksternal," tegasnya.

Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono mengungkapkan, ekspansi Bandara Soetta tahap pertama merupakan salah satu proyek yang didorong Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk bisa dilaksanakan tahun ini. Proyek tersebut masuk bagian dari 24 proyek infrastruktur sektor transportasi dalam program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang siap dikonstruksi selama tahun 2012 dengan total nilai mencapai Rp 123 triliun.

Selain perluasan Bandara Soetta, ada proyek pembangunan subway Mass Rapid Transit North-South (MRT) tahap I-II senilai Rp 40 triliun, pengembangan Kereta Api (KA) menuju bandara Soetta senilai Rp 2,27 triliun, dan pengembangan Terminal Kalibaru Utara senilai Rp 11,7 triliun. (Ragil Nugroho)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com