Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Siasat Lebih Siap Hadapi Banjir

Kompas.com - 11/01/2012, 16:31 WIB

KOMPAS.com - Penanganan rumah di kawasan rawan banjir memang berbeda. Banjir mungkin tak dapat dihindari, namun dengan memperhatikan hal-hal berikut ini ketika membangun, setidaknya Anda lebih siap menghadapi akibat banjir pada rumah Anda dan seisinya.

1. Pertinggi rumah dan bangunan

Bagi Anda yang tinggal di kawasan rawan banjir, Anda dapat meninggikan bangunan sesuai ketinggian air yang biasanya melanda kawasan tersebut. Alhasil, apabila banjir datang, air tak masuk ke dalam rumah.

2. Tingkat lebih baik

Membangun rumah dua lantai atau lebih akan lebih baik bagi rumah di daerah langganan banjir. Bila banjir datang, Anda dapat mengungsikan diri dan membawa barang-barang berharga Anda ke tempat atau ruangan lebih tinggi, yaitu di lantai atas.

Jangan khawatir jika tidak ada dana yang cukup untuk membangun ruangan di lantai tingkat. Anda cukup membuat dak tertutup guna menampung barang-barang berharga atau peralatan yang rentan rusak akibat terkena banjir.

3. Perluas area tangga

Ketika banjir datang, Anda pasti sibuk dan tergesa-gesa memindahkan barang-barang ke lantai atas. Untuk itu, tangga yang lebih luas dapat mempermudah Anda melakukan kegiatan tersebut, mulai memindahkan peralatan terkecil hingga furnitur-furnitur atau elektronik.

4. Pertinggi sakelar dan steker listrik

Air dan listrik memang dua elemen yang saling bertentangan sehingga tak jarang terjadi korsleting ketika banjir menyergap. Walaupun listrik mati ketika banjir, air yang menggenangi peralatan listrik, seperti steker dan sakelar, akan mudah rusak. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com