Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mempersiapkan Kebun Sayuran di Atap Rumah

Kompas.com - 10/01/2012, 16:29 WIB

KOMPAS.com - Apa yang harus Anda siapkan jika ingin membuat kebun sayuran? Hal paling utama tentu saja lahan. Lahan bisa berupa permukaan tanah langsung atau di atas lahan beton, misalnya di atas dak beton atap rumah.

Untuk memanfaatkan lahan di atas dak beton, kita harus menyiapkan tanggul yang terbuat dari bata dan semen, sementara untuk lahan permukaan tanahnya cukup menyiapkan media tanam. Tanggul-tanggul pada dak beton berfungsi sebagai wadah untuk menempatkan media tanam.

Memang, tidak ada bentuk baku yang harus diterapkan. Kita dapat mendesain tanggul sesuai bentuk dan besarnya lahan. Yang harus diperhatikan adalah tinggi tanggul tersebut, biasanya 38-40 sentimeter.

Tanggul juga harus dilindungi atap. Gunanya untuk mengontrol intensitas air yang jatuh ke permukaan tanah.

Atap

Tanaman sayuran sebenarnya tidak memerlukan terlalu banyak air untuk penyiraman, cukup dengan membasahi permukaan tanah. Oleh karena itu curah hujan tidak dapat dikontrol jika area tanam sayur tidak dilengkapi dengan atap. Kita dapat menggunakan atap transparan agar tanaman bisa menerima cukup sinar matahari.

Namun, penting untuk diperhatikan, dak beton harus memiliki kemiringan, sekitar 5 persen untuk mengalirkan air yang tidak terpakai, seperti air hujan atau air siraman berlebihan ke lubang pembuangan.

Selanjutnya, isi tanggul dengan pecahan batu bata ringan, hingga ketinggian 5 sentimeter. Tutup permukaan pecahan bata dengan satu lapis karung. Kemudian, siapkan media tanam yang terdiri dari tanah, kompos, dan pupuk kandang matang dengan perbandingan 2:1:1. Masukkan media tanam itu ke dalam tanggul hingga ketinggian 30 sentimeter.

Langkah berikutnyanya adalah menyiram dengan air secukupnya. Diamkan selama satu pekan, media siap untuk ditanami. (Dewi Kartini)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com