Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantai Cantik dengan "Homogenous Tile"

Kompas.com - 09/01/2012, 19:38 WIB

KOMPAS.com - Material penutup lantai yang satu ini memiliki banyak sebutan nama, yaitu porselen, granite tile, atau homogenous tile. Kepingan penutup lantai ini mendapatkan nama homogenous tile karena terbuat dari bahan-bahan seperti tanah liat, silika, dan kaolin yang dicampur menjadi satu sehingga homogen.

Motifnya sangat beragam, mulai dari yang polos, motif marmer, hingga granit. Beberapa merek yang menyediakan homogeneous di pasaran seperti Granito, Ezzensa, Niro Granite, dan Impero.

Dalam pembuatannya, proses pembakaran mencapai suhu 1.200 derajat celcius sehingga membuat material ini sangat kuat dengan pori-pori kecilnya. Permukaannya juga tidak mudah tergores dan keseragaman material pembentuknya membuat ubin ini tidak meninggalkan bekas berbeda warna saat tergores. Tidak seperti keramik, yang akan berbeda warna ketika tegores.

Di samping ukuran 40 x 40 sentimeter, material ini tersedia dalam ukuran besar seperti 60 x 60 sentimeter, 80 x 80 sentimeter, bahkan 120 x 120 sentimeter. Dengan banyaknya ukuran, maka material ini dapat dipasang lebih cepat.

Saat ini, homogeneous tile mulai dipasarkan dalam bentuk mozaik. Keragaman warna dan kecanggihan teknologi potong water jet memungkinkan mozaik homogeneous tile dipotong 1,2 x 1,2 sentimeter dan disusun dalam berbagai desain. (Fransisca Wungu Prasasti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com