Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Datang Retro!

Kompas.com - 03/01/2012, 21:41 WIB

KOMPAS.com - Selain gaya eklektik yang bakal diminati tahun ini, desainer interior Lea Aviliani Aziz, mengatakan, gaya retro juga bakal menjadi tren. Retro menarik karena penerapannya begitu fleksibel.

"Retro juga bakal menjadi tren karena penerapannya bisa disesuaikan. Misalnya, memakai wallpaper untuk dinding, kalau bosan aksesorisnya bisa diganti-ganti untuk menjadi tampilan baru lagi," kata Lea kepada Kompas.com, akhir Desember lalu.

Menurut Keiza Amorani, dalam bukunya "Ide-Ide Segar Menata Rumah" terbitan Gramedia Pustaka Utama, retro merupakan kependekan dari kata retrospektif. Retro berarti kilas balik masa lampau. Dalam prosesnya, kilas balik ini tidak berdiri sendiri, namun disertai perbaikan dan penyesuaian dengan masa kini.

Memang, perpaduannya dengan piranti modern justru memperkuat karakter gaya desain ini. Gaya desain ini bersifat nostalgia-romantik. Elemen-elemen di dalamnya mempunyai cerita yang menggambarkan era atau masa tertentu berdasarkan waktu di masa lalu.

Untuk memadupadankannya, Anda bisa memilih satu periode gaya retro dan padukan dengan elemen modern. Agar tidak tampak berlebihan dan kuno, gunakan elemen retro sebagai aksentuasi primer. Jika tidak mempunyai dana cukup untuk membeli furnitur retro karya desainer, cari furnitur yang bentuk, motif, atau warnanya mirip.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com