Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Parket Awet dan "Kinclong"

Kompas.com - 13/12/2011, 11:21 WIB

KOMPAS.com - Parket atau penutup lantai berbahan kayu atau laminate yang direkatkan memang memiliki tampilan hangat dan berkesan nyaman. Dibandingkan dengan jenis penutup lain, parket seperti halnya karakter kayu, akan mengikat panas dan memberikan suasana hangat pada ruangan.

Parket bisa digunakan hampir di seluruh ruangan, terutama di ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, juga di kamar tidur. Tampilan warnanya yang menyerupai kayu menambah tampilan lantai dan ruangan makin rupawan.

Namun, karena cuaca dan aktivitas tertentu, parket bisa mudah rusak. Simak beberapa tips agar parket tetap awet:

- Segera bersihkan parket dengan kain lembut bila terdapat noda. Gunakan kain semi basah dan alat berujung tajam saat mengepel lantai parket.

- Jangan biasakan menggeser barang-barang dengan beban berlebih. Furnitur berat seperti lemari bila digeser di atas parket akan menimbulkan bekas goresan nyata dan berbekas.

- Hati-hati menggunakan cairan berbahan kimia saat perawatan lantai. Gunakan secara berkala, dan segera keringkan.

- Hindarkan lantai parket dari tumpahan air atau cairan dalam jangka waktu lama, karena akan meninggalkan tanda pada parket.

- Jangan lupa, pakai alas yang ramah terhadap lantai parket. Hindari memakai sepatu berhak tinggi saat berjalan di lantai ini. Ujung runcing pada sepatu dapat merusak keindahan parket.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com