Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Rincian Pinjaman Uang Muka Perumahan di Jamsostek!

Kompas.com - 08/12/2011, 13:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, sejak 2009 lalu baru sekitar 15.600 peserta Jamsostek yang mengajukan pinjaman uang muka perumahan atau PUMP dengan total dana dicairkan sekitar Rp 252 miliar. Jika dihitung dari 2004, maka sudah 77.893 peserta Jamsostek yang memanfaatkan PUMP dengan total dana dicairkan sekitar Rp 628 miliar.

Demikian dikatakan Dirut PT Jamsostek Hotbonar Sinaga seusai penandatanganan kerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumsel Babel dan BPD Riau Kepri di Batam, Rabu (7/12/201) kemarin (Baca: Rp 500 Miliar untuk Pinjaman Uang Muka dari Jamsostek).

Namun, dibandingkan alokasi dana yang disediakan, penyerapannya masih belum maksimal. Dia memberi contoh, tahun ini dialokasikan Rp 220 miliar untuk PUMP, tetapi hanya Rp 95 miliar terserap hingga November ini atau kurang dari 50 persen.

Saat ini, Jamsostek kembali mengalokasikan Rp 500 miliar untuk pinjaman uang muka perumahan (PUMP) tersebut guna mendorong pekerja peserta jaminan sosial memiliki rumah sendiri. Penyerapan dana peningkatan kesejahteraan pekerja masih belum memuaskan, termasuk PUMP karena alokasi dana untuk itu belum maksimal dimanfaatkan pekerja.

Bunga PUMP memang relatif rendah, yakni 6 persen pertahun dengan masa cicilan maksimal 10 tahun. Kira-kira, berapa banyak jumlah maksimal pekerja bisa mengajukan PUMP? Berikut urutannya:

- Pekerja yang berupah di bawah Rp 5 juta perbulan bisa mengajukan PUMP maksimal Rp 20 juta

- Pekerja berupah di atas Rp 5 juta bisa mendapatkan maksimal Rp 35 juta

- Pekerja berupah Rp 10 juta mendapatkan Rp 50 juta

- Semua pekerja juga berhak mendapat hibah Rp 500.000 perorang untuk membantu biaya akad dan biaya-biaya lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com