Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Jitu "Menantang" Panas Matahari

Kompas.com - 08/12/2011, 10:36 WIB

KOMPAS.com - Letak rumah yang menghadap matahari pasti akan terkena paparan sinar matahari lebih lama. Selain panasnya membuat suhu ruangan meningkat, paparan sinar secara terus-menerus dapat memudarkan furnitur atau sofa di rumah.

Memindahkan pintu dan jendela mungkin sudah sulit dilakukan. Namun, jangan khawatir, karena tetap ada langkah-langkah jitu bisa Anda terapkan seperti berikut ini:

Awning

Gunakan awning atau kanopi pada jendela atau teras rumah, agar tercipta jarak antara dinding rumah dengan jendela atau teras. Beragam pilihan awning dan kanopi dari bahan sampai bentuknya telah banyak tersedia di pasaran.

Tirai bambu

Cara lain bisa dilakukan adalah menggunakan tirai bambu. Anda bisa memasangnya pada bagian eksterior rumah yang "menantang" matahari. Tirai bambu, selain lebih murah, juga berfungsi sebagai lapisan secondary skin yang melindungi rumah. Tirai bambu juga praktis dengan dinaikkan saja saat tidak digunakan, dan diturunkan kala dibutuhkan.

Atap

Melebarkan atap dari ukuran sebenarnya saat perencanaan rumah bisa menjadi solusi lainnya. Jarak dinding rumah dan teras lebih jauh dapat mengurangi paparan sinar yang datang.

Warna

Cara lainnya, Anda bisa memilih penutup jendela berwarna putih. Cara ini dapat mengurangi sengatan panas matahari.

Jendela

Uuntuk sementara waktu, bila Anda belum juga menemukan solusi tepat, Anda bisa mencoba langkah sederhana ini. Yakni, tutup jendela yang berhadapan langsung dengan matahari, namun membuka jendela yang tidak berhadapan langsung. Udara segar akan masuk ke dalam rumah, paling tidak untuk sementara waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com