Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal 2012, Rusunawa di Ciliwung Siap Dibangun

Kompas.com - 02/12/2011, 14:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz mengatakan pada awal tahun 2012 nanti, Kemenpera bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum akan melaksanakan pemancangan tiang pertama pembangunan Rusunawa di bantaran kali Ciliwung.

Menurut Djan Faridz, permasalahan perumahan dan pemukiman padat di sepanjang Kali Ciliwung merupakan persoalan yang perlu penanganan khusus dari pemerintah.

"Ini permasalahan klasik di ibukota, banyak penduduk menempati tanah liar namun tetap dianggap legal. Karena mereka tetap membayar PBB, tagihan listrik, telepon, dan punya RT RW bahkan kelurahan," katanya di Jakarta, Kamis (1/12/2011).

Sementara, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak mengatakan, pihaknya siap melaksanakan penataan pembangunan perumahan di sepanjang Ciliwung. Pihaknya, akan melakukan normalisasi kali di beberapa lokasi rawan banjir dengan membuat sodetan.

"Harapannya penanganan masalah ini selesai tahun 2014 mendatang. Kami berharap pengalaman membangun BKT bisa dijadikan acuan pembangunan program Ciliwung bersih serta perumahan hijau dengan memberdayakan masyarakat setempat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com