Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, 1.000 Rumah untuk PNS

Kompas.com - 30/11/2011, 17:51 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, pada 2012 akan membangun 1.000 rumah untuk pegawai negeri sipil (PNS) di daerah tersebut. Progam ini akan menyediakan 1.000 rumah tipe 36 untuk para PNS golongan II di jajaran Pemerintah Kabupaten Seluma (Pemkab Seluma).

Kepala Bappeda Seluma Hercules Jeraim, Rabu (29/11/2011) di Bengkulu, mengatakan, pembangunan rumah sederhana untuk PNS golongan kecil sebagian mendapat subsidi dari Kementerian Pekerjaan Umum sebesar Rp 6 juta per unit, sedangkan Pemkab Seluma menyiapkan lahan seluas 50 hektar untuk lokasi perumahan tersebut. Namun, dia tidak menjelaskan lokasi tepatnya dari perumahan itu.

"Yang jelas, lahan untuk pembangunan 1.000 rumah PNS itu sudah disiapkan seluas 50 hektar. Lahan seluas ini nanti dapat dibangun belasan ribu rumah bagi PNS di daerah ini," ujar Hercules.

Sementara itu, besarnya angsuran rumah bagi PNS golongan II hanya Rp 400.000 per bulan. Jumlah ini dinilai tidak akan memberatkan PNS golongan II karena gaji yang mereka terima di atas Rp 1 juta per bulan.

Hercules mengatakan, pembangunan rumah PNS ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan para pegawai di daerah tersebut, khususnya bagi PNS golongan kecil. Selain itu, dengan adanya program pembangunan perumahan ini, para PNS yang selama ini banyak tinggal di Kota Bengkulu akan menetap permanen di Kabupaten Seluma.

"Kalau penduduk Kota Seluma padat, maka secara tidak langsung berbagai usaha yang dikembangkan masyarakat tumbuh dan berkembang. Dengan begitu, ekonomi masyarakat setempat akan meningkat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com