Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau, Pinjaman Uang Muka Perumahan dari Jamsostek?

Kompas.com - 29/11/2011, 11:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jamsostek membuat nota kesepemahaman (MoU) dengan BPD Jateng untuk penyaluran dana pinjaman uang muka perumahan (PUMP) bagi pekerja di wilayah Jawa Tengah. Kerja sama dengan lembaga perbankan daerah ini diharapkan bisa menjamin dana yang ditempatkan aman dan bermanfaat bagi peserta.

Penandatanganan dilakukan oleh Dirut Jamsostek Hotbonar Sinaga dengan Dirut BPD Jateng Haroyono disaksikan oleh undangan dari kedua pihak di Jakarta, Senin (28/11/2011) kemarin. Hotbonar menyatakan, sebelumnya Jamsostek menyalurkan PUMP melalui lembaga non-perbankan atau atas permintaan peserta atau perusahaan tempat peserta bekerja.

"Pada sejumlah kasus, kami menemui kendala dalam pengadaan rumah, penyelesaian cicilan, penggunaan yang tepat sasaran dan sejumlah masalah lainnya," kata Hotbonar.

Belajar dari kasus tersebut, manajemen Jamsostek mengajak bank pembangunan daerah untuk bermitra untuk menyalurkan dana PUMP agar tepat sasaran, nihil masalah dan pekerja puas.

Saat ini Jamsostek sudah menyalurkan Rp 232 miliar dana PUMP untuk 15.665 pekerja yang menjadi peserta Jamsostek. BPD Jateng adalah lembaga perbankan kedelapan yang diajak kerja sama. Sebelumnya, Jamsostek telah menandatangani MoU dengan BPD Sumut di Batam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com